Beranda Pemerintahan Gaji Telat Cair, Gubernur Banten Minta Guru Bersabar

Gaji Telat Cair, Gubernur Banten Minta Guru Bersabar

Gubernur Banten Wahidin Halim

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim meminta para guru SMA/SMK bersabar atas ketelatan pencairan gaji. Gubernur menegaskan akan secepatnya mencairkan hak para guru.

“Belum dibayar? Ya sabar. Cuma bulan ini lambat. kenapa emangnya? Gua juga kasihan. kemaren begitu gaji, nunggu evaluasi (APBD Perubahan) dari Kemendagri. Dari Kemendagri evaluasinya baru turun. Mau dibayar hari ini. Kalau gak hari ini, besok. Kan masuk rekening dulu,” ujar Gubernur usai menghadiri Dies Natalis UIN SMH Banten, Selasa (16/10/2018).

Gubernur mengakui bahwa pada APBD murni, gaji untuk para guru dialokasikan hanya 10 bulan sehingga sisanya baru dialokasikan pada APBD Perubahan. “Sekarang sudah kita anggarkan di perubahan,” ujarnya.

Ia menyatakan, alokasikan gaji guru dialokasikan 10 bulan karena saat itu Tim Anggaran Pemerintan Daerah (TAPD) berfikir untik cadangan gaji ke-13 dan gaji ke-14. “Bukan Dindik (yang alokasikan gaji hanya 10 bulan-red), Bappeda lama,” jelasnya.

Diinformasikan sebelumnya, gaji guru SMA/SMK di Banten telat dicairkan. Hingga pertengahan bulan ini, gaji untuk periode Oktober belum diterima oleh para guru. Padahal biasanya gaji mereka diterima setiap awal bulan. Akibatnya, sejumlah guru terpaksa berutang atau meminjam uang di koperasi sekolah untuk menutupi kebutuhan  keluarga.

Deny Surya Permana, Presidium Koalisi Guru Banten (KGB) membenarkan bahwa  sampai saat ini guru SMA/SMK di Banten belum mendapatkan gaji.

“Ini baru pertama kali sejak pengalihan kewenangan SMA/SMK ke Pemprov Banten. Guru di lapangan mengeluh, karena persoalannya punya anak, dapur, jadi guru-guru mengeluh,” ujar pria yang mengajar di salah satu SMK di Pandeglang ini.

Ia mengaku pernah pendapatkan informasi bahwa keterlambatan pencairan gaji guru ini karena adanya pembahasan perubahan APBD Pemprov Benten.

“Kita pernah mendapat informasi dari KCD (kantor cabang dinas-red), gaji katanya akan cair tanggal 15. Tapi ternyata belum cair juga. Tahun-tahun sebelumnya belum pernah terjadi seperti ini,” ungkapnya. (Ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini