Beranda Pemerintahan Gaji Penyuluh Pertanian Bakal Naik

Gaji Penyuluh Pertanian Bakal Naik

LEBAK – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan uang saku (gaji) bulanan penyuluh pertanian di tahun 2019 mendatang dinaikan Rp 250 ribu dari sebelumnya Rp 500 ribu menjadi Rp Rp 750 ribu.

Selain penyuluh pertanian, Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten juga memberikan uang saku kepada Tenaga Harian Lepas (THL) Pengendali Orgasme Pengganggu Tumbuhan (POPT) dan Pengawas Benih Tanaman (PBT) di Kabupaten Lebak.

“Uang saku penyuluh tahun 2019 dinaikan menjadi Rp 750 ribu dari sebelumnya Rp 500 ribu. Kalau kinerjanya maksimal kita busa naikan lagi hingga Rp 2 juta,” kata Andika dalam acara silaturahmi di Gedung Serba Guna Desa Tambak Baya, Kecamatan Cibadak, Selasa (27/11/2018).

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak Dede Supriatna, Camat Cibadak Rahmat, Danramil Rangkasbitung Kapten Inf Dedi Junaedi, Plt Kadis Ketahanan Pangan Rahmat Yuniar, Kabid Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa pada DPMD Lebak Endang Subrata.

Andika mengatakan, penyuluh sebagai peran vital dalam pengembangan pertanian. Penyuluh ujung tombak dalam upaya peningkatan hasil pertanian.

“Selain menambah besaran uang saku, kedepan kita mencarikan formulasi bagaimana supaya mereka bisa memiliki kendaraan sepeda motor untuk operasional. Karena satu penyuluh bisa, dua, tiga bahkan sampai empat desa,” katanya.

Andika menjelaskan, kaitan menguatkan peran penyuluh pertanian di seluruh Banten. “Pertama di Lebak, tak bisa dipungkiri saya dengan gubernur mengaplikasikan kebijakan Provinsi Banten berbagai potensi daerah dikembangkan agar dapat menunjang proses perekonomian. Belum kita gali adalah bidang pertanian,” katanya.

Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi menuturkan, penyuluh pejuang pertanian dilapangan. “Penyuluh disiplin ilmu alhamdulilah pertanian di Lebak semakin meningkat. Jumlah tenaga penyuluh sangat kurang sekali maka kita punya kebijakan mengangkat honorer penyuluh yakni mantri tani desa binaan penyuluh tinggalnya di desa masing-masing,” katanya. (Ali/Red)