Beranda Opini Gadget dan Kesehatan Mata

Gadget dan Kesehatan Mata

Foto istimewa

Oleh : Anissa Anggraini Aprianti, Mahasiswa Prodi Sekretari Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang

Seperti yang kita sudah banyak ketahui semenjak datangnya wabah virus covid-19 ini dan menyerang hampir seluruh dunia, telah menghentikan beberapa kegiatan perekonomian dan kegiatan masyarakat. Kita pun d tuntut untuk bisa beradaptasi dan bertahan dengan kondisi yang sulit seperti ini. Banyak kebiasaan baru yang perlu kita lakukan demi menghentikan penyebaran virus covid-19 ini dengan mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker dan menghindari kerumunan.

New normal seperti sekarang ini merupakan suatu langkah untuk tetap berproduktivitas dan beraktivitas sebagaimana mestinya namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sebagai contohnya adalah mengurangi kegiatan tatap muka dengan pertemuan secara daring (online). Sebagian besar perkantoran telah menerapkan work from home dan sekolah-sekolah juga telah menerapkan school from home atau bekerja dan sekolah dari rumah secara online sebagai bentuk langkah mengurangi penyebaran virus covid-19 ini.

Tanpa disadari kebiasaan ini membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di depan komputer atau gadget. Kondisi ini menyebabkan banyak masyarakat merasakan adanya gangguan penglihatan atau dalam istilah kedokteran biasa disebut computer vision syndrome (CVS).  Gangguan pengilhatan atau CVS ini dapat dirasakan dengan beberapa keluhan seperti ketegangan pada mata, kelelahan pada mata, mata kabur dan mata kering, hingga menyebabkan sakit pada bagian leher dan pundak

Penggunaan perangkat elektronik dalam waktu lama juga dapat menimbulkan efek samping dalam kesehatan mata, karena sinar biru yang dipancarkan perangkat elektronik seperti komputer dan gadget dapat merusak kornea mata dan menimbulkan gangguan penglihatan. Untuk itu sebelum penglihatan ini menyerang mata, kita perlu melakukan pengecekan kesehatan mata seperti pemeriksaan myopia, hyperopia, dan astigmatisme secara rutin.

Ada beberapa hal juga yang perlu kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari demi menjaga kesehatan mata antara lain yaitu dengan mengatur jarak pandang ketika menatap komputer atau gadget. Dalam penggunaan komputer atau gadget sesuaikan kontras layar komputer agar tidak terlalu terang and tidak terlalu redup serta gunakan lampu tambahan untuk menambah pencahayaan ruangan dan jangan gunakan gadget sambil tiduran. Serta jangan gunakan komputer atau gedget dalam keadaan gelap dan usahakan gunakan kacamata anti radiasi untuk melindungi mata dari sinar radiasi perangkat komputer atau gadget.

Menatap komputer atau gadget dalam waktu lama juga dapat membuat mata kita lelah, untuk itu kedipkan mata secara rutin setiap 20 menit untuk mengurangi ketegangan mata. Istirahatkan mata dengan memandang objek sejauh 20 kaki atau sekitar 6 meter selama 20 detik, hal ini dapat membuat mata menjadi lebih rileks. Mata adalah alat indra yang paling utama diberikan Tuhan, tanpa mata kita tidak dapat melihat indahnya dunia. Maka sudah menjadi tugas kita untuk menjaga kesehatan mata sebagai bentuk syukur terhadap nikmat yang telah diberikan.

(***)
 

 

 

 

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini