Beranda Olahraga FPTI Angkat Bicara Soal Hadiah Juara Panjat Tebing Bupati Pandeglang Cup

FPTI Angkat Bicara Soal Hadiah Juara Panjat Tebing Bupati Pandeglang Cup

Uang hadiah untuk juara Panjat Tebing Bupati Cup 2021 Sumber foto : Istimewa

PANDEGLANG – Pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Pandeglang ikut berkomentar terkait uang hadiah para juara Panjat Tebing pada kegiatan Bupati Pandeglang Cup 2021 yang sedang viral. Pasalnya, uang hadiah atau uang pembinaan itu nilainya sungguh diluar dugaan.

Humas Panitia Lomba Panjat Tebing, Ahmad Khaetami mengaku bahwa pihaknya tidak mengetahui sama sekali perihal jumlah uang yang diterima para juara. Sebab, FPTI dalam hal ini hanya diberi tugas sebagai panitia pelaksana teknis di lapangan saja.

“Pertama, kami ingin menyampaikan bahwa FPTI Pandeglang hanya bertugas sebagai panitia pelaksana dalam Bupati Cup. Kami sama sekali tidak mengetahui soal perencanaan anggaran karena itu ranahnya ada di pemerintah daerah dalam hal ini Dispora Pandeglang,” kata Khaetami, Sabtu (18/12/2021).

Kata Khaetami, pihaknya hanya menerima arahan dari Dispora jika para peserta nantinya akan mendapat hadiah berupa piala dan uang pembinaan. Namun untuk nominalnya tidak pernah diberikan bocoran oleh Dispora.

“Kedua mengenai anggaran, betul memang dari Dispora menyampaikan akan ada hadiah berupa uang untuk para juara panjat tebing. Tapi, kami tak tahu rinciannya berapa karena sudah belasan tahun agenda Bupati Cup tidak pernah ada untuk uang pembinaan. Baru tahun ini saja adanya (untuk uang pembinaan),” terangnya.

Ia membeberkan, pada perlombaan tersebut setidaknya ada 14 kategori yang diperlombakan dan pihaknya sebagai panitia pelaksana teknis. Selain itu, pada saat penyerahan uang pembinaan kondisi amplop sudah tersegel rapih sehingga tidak ada yang mengetahui jumlahnya.

Nominal uang itu baru diketahui setelah para juara lomba panjat tebing menandatangani tanda terima dari Dispora. Setelah dibuka, nominalnya pun sama dengan yang tertulis di tanda terima tersebut.

“Untuk juara I Rp Rp225 ribu, juara II Rp175 ribu dan juara III Rp100 ribu, itu dipotong pajak enam persen. Tadinya itu yang tahu hanya peserta saja, karena mereka yang tanda tangan SPJ-nya. Kemudian, uang itu dari Dispora langsung yang menyerahkan, kami dari FPTI sama sekali tidak tahu untuk nominal tersebut,” tuturnya.

Khaetami juga menjelaskan, setelah para juara lomba panjat tebing mengetahui nominal uang hadiahnya, dari sana, foto-foto amplop hadiah Bupati Cup itu akhirnya menyebar. Ia mengkau tak bisa membendung hal itu hingga akhirnya viral di berbagai media.

“Setelah kami telusuri, betul itu foto dari salah satu pembina salah satu klub panjat tebing di bawah FPTI yang pertama kali menyebarkannya. Tapi yang bersangkutan tidak ada maksud apapun, hanya mengabarkan saja ke beberapa orang yang dapat juara yang kebetulan waktu itu dia pulang duluan karena rumahnya jauh. Kami juga enggak tahu hingga akhirnya foto-foto menyebar,” terangnya.

Mengenai uang hadiah lomba, ia membeberkan alasan kenapa pengurus maupaun panitia dari FPTI tak menambah anggaran untuk para juara. Pasalnya, uang hadiah lomba itu sepenuhnya merupakan kewenangan Dispora yang memiliki anggaran untuk agenda bertajuk Bupati Cup tersebut.

“Dan kami juga dari pengurus serta panitia tidak punya wewenang untuk menambahkan uang hadiah tersebut, karena tidak memungkinkan secara aturanNya. Makanya, panitia tidak menambah uang hadiah itu bukan karena kami ada motif apapun, bukan. Karena memang kembali lagi, itu adalah uang negara dan yang memiliki anggaran itu adalah Dispora,” tutupnya.

(Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini