Beranda Pemerintahan FPP Desak Transparansi Rekam Jejak Direksi PT PCM, Walikota : Jangan Tanya...

FPP Desak Transparansi Rekam Jejak Direksi PT PCM, Walikota : Jangan Tanya ke Gua

Suasana RUPSLB PT Pelabuhan Cilegon Mandiri besama jajaran Direksi dan Komisaris terpilih. (Gilang)

CILEGON – Ketua Front Pemerhati Pembangunan (FPP) Juli Tresno Adji mendesak Walikota Cilegon, Helldy Agustian untuk secara transparan menyampaikan kepada publik terkait dengan rekam jejak dari jajaran Direksi dan Komisaris PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) yang sudah ditetapkan beberapa hari lalu.

Tuntutan adanya transparansi itu menyusul kabar dugaan adanya persoalan menyangkut pelaporan pajak Direktur Utama PT PCM terpilih, Muhammad Willy saat masih menjabat sebagai Komisaris di salah satu perusahaan logistik dan perkapalan.

“Saya sebagai bagian dari masyarakat Cilegon meminta kepada Pemkot Cilegon, khususnya Walikota sebagai pemegang saham atas PT PCM untuk transparan, sampaikan kepada kita sebagai masyarakat, siapa sih pemimpin PCM itu. Paling tidak kan kita juga pingin tau curriculum vitae-nya seperti apa, apakah tidak pernah bermasalah dengan hukum, kepatuhannya kepada pajak seperti apa, ini kan penting diketahui masyarakat,” ujar Juli kepada BantenNews.co.id, Senin (29/11/2021).

Menurut Juli, transparansi rekam jejak kepemimpinan itu dipandang perlu disampaikan mengingan status keuangan dan operasional PT PCM yang bersumber dari APBD.

“Saya juga meminta DPRD bila perlu untuk mengundang jajaran Direksi dan Komisaris PT PCM yang terpilih ini, agar masyarakat mengetahui mengapa Walikota memilih yang bersangkutan,” jelasnya.

Ditemui usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT PCM di salah satu hotel di Kabupaten Serang pada Senin (29/11/2021) sore, Walikota Cilegon tak mau berkomentar banyak soal rekam jejak Direktur Utama PT PCM maupun soal alasan prerogatifnya memilih yang bersangkutan dari tiga besar kandidat yang telah diajukan Tim Panitia Seleksi (Pansel) sejak lama.

“Tanya aja ama orangnya langsung, jangan tanya ke gua. Bukti-buktinya ada dia (Muhammad Willy). Bukti-buktinya sudah ada dan ngga ada masalah, lu nanya ama dia aja. Biar lebih enak, lebih fakta dan jelas. Daripada nanya ke gua, ngga tau gua,” ucap Helldy dengan nada kesal seraya berlalu.

Sementara Direktur Utama PT PCM, Muhammad Willy mengaku kabar persoalan menyangkut pelaporan pajak sudah selesai dan sudah ia laporkan ke pemegang saham.

“Saya rasa sudah dilaporkan semua ke pemegang saham. Jadi saya rasa tidak ada yang panding, dan tidak ada yang perlu diragukan lah terkait segala macam rekam jejak. Karena kan pemegang saham tentunya sudah menimbang dan memutuskan dengan segala aspek untuk memilih kami semua (Direksi dan Komisaris PT PCM) di sini,” ujarnya.

(dev/red)