Beranda Pemerintahan Formasi CPNS Pemprov Banten Tahun Ini Cuma 30-an

Formasi CPNS Pemprov Banten Tahun Ini Cuma 30-an

Kepala BKD Provinsi Banten, Komarudin.

SERANG – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten hanya mengusulkan kurang lebih 30 formasi untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan ditempatkan di 42 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten pada 2021 ini. Jumlah itu lebih kecil dibanding seleksi CPNS 2020 sebanyak 270 formasi.

Kepala BKD Provinsi Banten, Komarudin mengatakan, pihaknya telah mengusulkan sebanyak 30 formasi ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Selain formasi CPNS, pihaknya juga mengusulkan sebanyak 1.300 formasi untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Untuk CPNS 30-an formasi, semunya teknis. Kalau 1.300 PPPK itu untuk guru seluruhnya dan ngga ada di luar guru. Kalau tahun lalu (PPPK) itu untuk guru dan penyuluh,” kata Komarudin saat dihubungi, Senin (12/4/2021).





Saat ditanya sedikitnya jumlah formasi seleksi CPNS Pemprov Banten 2021, Komarudin mengaku, jika pada seleksi tahun lalu jumlahnya lebih banyak lantaran ada formasi untuk guru.

“Kalau tahun lalu kan ada (formasi) guru. Tapi kan tahun ini kita (usulkan) kuota (guru) ada di PPPK. Jadi kalau lihat jumlah sih lebih banyak tahun ini, 1.300 PPPK tambah 30 CPNS,” jelasnya.

Komarudin mengungkapkan, formasi CPNS yanh diusulkan ke BKN untuk menambal sejumlah posisi PNS yang telah pensiun. “Jadi 30 itu untuk seluruh OPD. Kan itu hanya ganti yang pensiun saja,” ujarnya.

Saat ditanya kapan seleksi CPNS dimulai, mantan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang itu mengaku pihaknya menunggu keputusan BKN.

“Mulai (seleksinya) tergantung BKN. Begitu juga untuk formasi mereka yang menentukan. Kita hanya sebatas mengusulkan saja,” pungkasnya. (Mir/Red)