Beranda Komunitas Festival Kaibon di Kota Serang Diharapkan Mampu Sedot Wisatawan Luar Daerah

Festival Kaibon di Kota Serang Diharapkan Mampu Sedot Wisatawan Luar Daerah

SERANG – Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Serang mengadakan acara Festival Kaibon 2021 yang diadakan disalah satu hotel di Kota Serang, Selasa (14/12/2021). Pemerintah berharap festival tahunan tersebut mampu menyedot wisatawan luar daerah Banten.

Wali Kota Serang Syafrudin menyampaikan, kegiatan festival ini kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya.

Kemudian, festival ini juga menampilkan beberapa budaya, kesenian, ikon Banten. Seperti Kraton Kaibon, Kraton Surosowan, Speelwijk dan lainnya.

“Sebetulnya dari jaman penjajahan sudah ada dan sudah kaya akan seni, budaya serta wisata religi yang ada di Kota Serang,” ujar Wali Kota Serang Syafrudin kepada awak media.

Dengan dilaksanakannya Festival Kaibon ini bisa muncul kreasi seni yang aslinya dari Kota Serang yang mana Kota Serang Ibu Kota Provinsi Banten.

“Mudah-mudahan festival ini bisa memberikan manfaat dan bisa dilihat oleh masyarakat luar. Sehingga bukan sekedar translit di Kota Serang tapi menjadi Kota tujuan karena ada yang diliat,” ucapnya.

“Sekarang belum maksimal, tapi mudah-mudahan kedepan bisa maksimal,” ucapnya.

Pemerintah Kota Serang juga akan memulai menyediakan tempat untuk para seniman yang ada di Kota Serang yang akan berlokasi di Gedung Juang, Alun-alun Kota Serang.

“Gedung Juang sudah siap untuk memfasilitasi anak-anak yang mempunyai kreasi,” ucapnya.

Kepala Disparpora Kota Serang Yoyo Wicahyono menambahkan bahwa, festival ini setiap tahun dilaksanakan dengan harapan, jika setiap tahun dilakukan mudah-mudahan bisa masuk 100 kalender Menparekraf.

Karena, salah satunya memang harus secara terus menerus dilakukan. Hanya pihaknya belum melebarkan sayap mengikutkan peserta dari luar daerah.

“Mengikutkan peserta dari luar daerah itu belum, karena kondisinya pandemi Covid-19. Yang ikut disini ada dari Pokdarwis, ekraf se-Kota Serang dan lainnya,” ucapnya.

Dalam festival tersebut, hadir Wakil Wali Kota Serang Subadri Ushuludin, Sekda Kota Serang Nanang Saefudin, Kepala Disparpora Yoyo Wicahyono, Ketua Komisi II DPRD Kota Serang Jumhadi beserta kepala OPD, Camat dan penggiat wisata Kota Serang. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini