Beranda Bisnis Festival Cengkok Karya Mandiri, Bangkitkan Semangat Literasi dan Wirausaha

Festival Cengkok Karya Mandiri, Bangkitkan Semangat Literasi dan Wirausaha

Produk UMKM Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Kemampuan literasi dan berwirausaha menjadi kunci penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan perekonomian nasional. Kemampuan keduanya mesti terus digairahkan dan diasah. Salah satu cara yang digunakan oleh lembaga pelatihan kerja (LPK) Cengkok Karya Mandiri bersama dengan Forum Taman Baca Masyarakat (Forum TBM), Serikat Guru Tangerang, Solidaritas Nasional Masyarakat, dan Syubban Balaraja yakni dengan menyelenggarakan festival Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) dan literasi.

Kegiatan yang akan diselenggarakan pada Minggu 31 Juli 2022 di Kampung Cengkok RT.03/02, Balaraja, Tangerang, menghadirkan pameran karya berbagai UMKM mulai dari kuliner hingga kerajinan. Setidaknya lebih dari 50 pelaku usaha akan menjual hasil karya mereka. Selain itu, dalam festival pun akan digelar diskusi literasi yang menghadirkan narasumber kompeten seperti presenter Kompas TV Aiman Witjaksono, sahabat literasi Maman Suherman, dan Duta Baca Indonesia Gol A Gong.

Festival rencananya akan dihadiri dan dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dan Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno. Panitia pun menyiapkan berbagai hiburan untuk pengunjung. “Kami akan hibur para pengunjung dengan berbagai atraksi daerah seperti tarian tradisional, bara karingding, marawis, hadroh, dan ubrug,“ ujar ketua panitia Mayda Purnama, Senin (25/7/2022).

Lebih lanjut Mayda menjelaskan mengenai pentingnya peran UMKM dalam menyokong ekonomi rakyat. Berdasarkan data Kementerian Koperasi kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,07% atau Rp. 8.573,89 triliun. Selain itu, UMKM mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja dan mampu menghimpun hingga 60,42% dari total investasi di Indonesia. “UMKM bisa menjadi solusi atas banyaknya prabrik yang pindah dari Tangerang. Masyarakat mesti dididik agar tidak melulu bergantung pada pabrik,” tandasnya.

Urusan literasi juga tidak kalah penting. Indonesia masih berkutat di peringkat bawah. Berada di rangking ke 62 dari 70 negara berdasarkan survei Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019. Padahal literasi merupakan kunci ilmu pengetahuan dan kemajuan bangsa. “kemampuan berbahasa atau literasi harus menjadi gerakan yang serius khususnya di kalangan muda. Tidak hanya terkait literasi baca tulis dan numerasi, generasi muda pun mesti diperkenalkan dengan literasi finansial, sains, digital, serta budaya dan kewarganegaraan”tegas ketua TBM Cengkok Karya Mandiri Siti Rohmah.

Kegiatan yang akan diselenggarakan mulai dari jam 8 pagi hingga 9 malam diharapkan bisa ditiru di tempat-tempat lain sehingga gairah berwirausaha dan literasi terus tumbuh. LPK Cengkok Karya Mandiri berencana menjadikan festival sebagai agenda rutin. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini