Beranda Peristiwa Fenomena La Nina, Masyarakat Cilegon Diimbau Waspadai Banjir

Fenomena La Nina, Masyarakat Cilegon Diimbau Waspadai Banjir

Banjir di akses menuju Tol Cilegon Barat. (Usman/bantennews)

CILEGON – Cuaca di Kota Cilegon mulai tak bersahabat. Diduga kondisi cuaca tersebut dipengaruhi fenomena alam La Nina. Sebab itu masyarakat diingatkan agar selalu waspada terhadap bencana alam seperti banjir dan longsor.

“Menurut BMKG fenomena La Nina ini juga berdampak di wilayah Kota Cilegon. Sehingga masyarakat juga harus waspada, seperti timbulnya banjir,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon, Erwin Harahap, Kamis (5/11/2020).

Menurut Erwin, wilayah di Kota Cilegon yang cukup rawan berdasarkan pengalaman sebelumnya yakni terjadi di wilayah Kecamatan Grogol dan Pulomerak, Cibeber dan Jombang.

“Masyarakat juga perlu antisipasi banjir seperti jangan membuang sampah sembarangan, melakukan pembersihan drainase melalui gotong royong, kemudian kalau itu menyangkut kewenangan OPD bisa melaporkan ke OPD terkait. Yang pasti kita harus waspada,” katanya.

“Sehingga tinggal nanti dari sisi teknis bagaimana antisipasi banjir di OPD masing-masing seperti DPUPR dan DLH,” katanya.

Untuk mengantisipasi banjir, lanjut Erwin, BPBD Kota Cilegon sudah melakukan persiapan. Sehingga bila terjadi banjir pihaknya bisa langsung bergerak.

“BPBD sudah mempersiapkan seperti perahu karet, tenda dan lainnya. Jadi bila nanti ada musibah banjir, langsung diterjunkan. Tim kita juga selalu berkoordinasi. Kita juga ada grup WhatsApp sehingga informasi lebih cepat,” katanya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini