Beranda Pemerintahan Fasilitas Umum di Pandeglang Belum Ramah untuk Penyandang Disabilitas

Fasilitas Umum di Pandeglang Belum Ramah untuk Penyandang Disabilitas

Trotoar di Kabupaten Pandeglang yang belum ramah untuk penyandang disabilitas. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Pegiat sosial di Pandeglang mengkritik fasilitas umum yang disediakan Pemerintah Kabupaten Pandeglang karena belum ramah bagi penyandang disabilitas.

Seorang Pekerja Sosial (Peksos) Kabupaten Pandeglang, Ahmad Subhan mengatakan, Pemkab Pandeglang seharusnya memenuhi kebutuhan disabilitas terutama pada fasilitas umum yang disediakan Pemkab.

“Pembangunan berbagai sarana dan prasarana ramah disabilitas penting untuk diwujudkan. Hal itu dikarenakan, dunia ini tidak hanya dihuni oleh mereka yang memiliki keadaan normal,” tegasnya, Kamis (5/12/2019).

Pria yang akrab disapa Aang ini berharap pembangunan fasilitas umum  mampu memperhatikan kebutuhan untuk para disabilitas di Pandeglang.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Sahabat Difabel (Persada) Provinsi Banten, Memi Elmiliasari mengakui memang Pemkab Pandeglang terus melakukan pembenahan terhadap ruang publik.

Ia mengharapkan pembangunan tersebut mampu memenuhi kebutuhan para disabilitas, sehingga pada saat penyandang disabilitas ini melakukan aktivitas di luar ruangan tidak perlu lagi memerlukan bantuan dari orang lain.

“Pemerintah terus melakukan perbaikan-perbaikan fasilitas pendukung di semua sektor yang tentunya akan mendukung potensi disabilitas untuk beraktifitas yang terfasilitasi, sehingga disabilitas dapat melakukan aktifitasnya sendiri tanpa bantuan,” harapnya.

Jika semua itu tidak dilakukan pemerintah, maka pada setiap 3 Desember sebagai hari disabilitas dianggap hanya sebatas rutinitas upacara semata.

“Pemerintah jangan sampai dalam perayaan hari disabilitas internasional hanya sebuah perayaaan seremonial saja,” ucapnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini