Beranda Kesehatan FAKTA Gelar Aksi Donasi APD Untuk Tenaga Medis Rumah Sakit Swasta

FAKTA Gelar Aksi Donasi APD Untuk Tenaga Medis Rumah Sakit Swasta

183
0

TANGERANG — Forum Aktivis Tangerang Raya (FAKTA) gelar aksi pengumpulan koin donasi untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis.

Kegiatan pengumpulan koin donasi yang berlangsung di Tugu Adipura Kota Tangerang tersebut dilakukan karena adanya rumah sakit swasta yang membebankan biaya APD dokter sebesar Rp200 ribu ke tiap pasiennya.

“Donasi ini sebagai bentuk solidaritas kami sebagai masyarakat, agar bersama-sama bertujuan menghentikan biaya APD dokter yang begitu tinggi yang telah dibebankan kepada para pasien contohnya di rumah sakit swasta Primaya Hospital Tangerang,” kata Ketua Forum Aktivis Tangerang Raya (FAKTA), Iqbal Fadillah dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/6/2021).

“Hasil donasi yang kami dapat, langsung kami berikan kepada pihak RS Primaya Hospital,” sambungnya.

Dikatakan, aksi donasi tersebut diharapkan agar pihak rumah sakit dapat menghapus biaya APD dokter yang dinilai tidak sesuai dengan konsekuensinya.

“Harapan kami pihak rumah sakit bisa segera menghapus biaya APD dokter yang terlalu tinggi kepada para pasien. Jangan sampai terdapat biaya APD lagi yang dibebankan kepada pasien terutama pasien rawat jalan dan rawat inap di sana,” harap Iqbal.

Lebih jauh, Iqbal mengungkapkan akan segera menindaklanjuti persoalan tarif APD dokter Primaya Hospital Tangerang ke Badan Pengawasan Sengketa Konsumen (BPSK).

“Permasalahan segera akan kami laporkan kepada BPSK. Semoga tidak ada lagi rumah sakit negeri dan swasta yang memberikan beban APD dengan harga yang cukup tinggi terhadap pasien,” lanjutnya.

Iqbal juga meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, dapat bertindak tegas dalam mengawasi seluruh rumah sakit yang ada di Kota Tangerang.

“Bila perlu Dinkes cabut izin operasional dan izin praktik dokter bila mendapati RS yang tidak menjalankan aturan Undang-undang. Jangan sampai terlihat adanya dugaan kongkalikong antara pemerintah dan rumah sakit swasta dalam kasus ini,” pungkasnya.

Dalam kegiatan pengumpulan koin donasi APD dokter untuk RS Primaya Hospital Tangerang tersebut juga turut mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan, masyarakat, serta para pengendara yang melintas.

Hingga berita ini diturunkan, wartawan masih mencoba terus mengkonfirmasi manajemen RS Primaya Hospital Tangerang untuk mendapatkan keterangan.

(Ren/Red)