Beranda Olahraga Fajar-Rian Tumbang, Tak Ada Wakil Indonesia di Semifinal Malaysia Open 2024

Fajar-Rian Tumbang, Tak Ada Wakil Indonesia di Semifinal Malaysia Open 2024

Fajar Alfian/M. Rian Ardianto (Dok.PBSI/Twitter @INABadminton)

JAKARTA – Bulu tangkis Indonesia mengawali 2024 dengan hasil suram. Kekalahan pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memastikan tak ada wakil Merah Putih di semifinal Malaysia Open 2024.

Fajar/Rian yang jadi wakil terakhir Indonesia di ajang ini, tak mampu mengemban tugas untuk memperpanjang napas tim Merah Putih. Mereka terhenti di perempat final usai kalah dari wakil China Liang Wei Keng/Wang Chang.

Pasangan ganda putra yang akrab dipanggil FaJri itu tumbang dalam pertarungan tiga gim kontra unggulan pertama turnamen dengan skor 21-16, 17-21, 18-21 di Lapangan 2 Axiata Arena, Kuala Lumpur, Jumat (12/1/2024).

Kekalahan Fajar/Rian membuat Indonesia tanpa wakil di semifinal. Sebelumnya, satu wakil tim Merah Putih lainnya yakni tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung lebih dulu tersingkir.

Gregoria dijegal tunggal putri China unggulan kedua, Chen Yu Fei. Dia kalah dua gim langsung dengan skor 13-21, 17-21.

“Di gim pertama kami bisa menguasai pertandingan. Lawan banyak melakukan kesalahan terutama Liang (Weng Keng) beberapa kali pukulannya keluar. Di gim kedua kami masih menguasai pertandingan sampai interval tapi setelah itu kami terlalu terburu-buru ingin mendapat poin yang malah jadi merugikan. Kami kurang kontrol,” kata Fajar Alfian pasca laga dalam keterangan tertulis PBSI, Jumat (12/1/2024).

“Di gim ketiga mereka mendapat second win-nya dan kembali percaya diri sehingga bermain lebih in dan kami tidak bisa keluar dari tekanan.”

“Menurut saya saat pertemuan di semifinal World Tour Finals sama hari ini tidak berbeda. Kami kurang puas dengan hasilnya dan sisi luar permainannya. Kami harus bisa lebih mengontrol emosi agar performa tetap stabil.”

Di sisi lain, Rian menyampaikan permintaan maaf karena bersama Fajar belum mampu melangkah ke babak berikutnya. Dia berharap fans tetap berada di belakang mereka dalam turnamen-turnamen ke depan.

“Terima kasih untuk dukungan seluruh fans termasuk yang mendukung kami di Axiata Arena hari ini. Mohon maaf kami belum bisa maju ke semifinal. Dukung terus kami dan tim Indonesia di turnamen-turnamen selanjutnya,” kata Rian. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini