Beranda Peristiwa Facebook Aktifkan ‘Safety Check’ Gempa dan Tsunami Palu

Facebook Aktifkan ‘Safety Check’ Gempa dan Tsunami Palu

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

JAKARTA – Facebook mengaktifkan Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan setelah gempa bumi berkekuatan 7,4 skala richter melanda Donggala dan Tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Fitur ini bisa memudahkan pengguna untuk mencari informasi keselamatan kerabat dengan cepat.

Pemeriksaan Keselamatan merupakan fitur di Facebook untuk menginformasikan keselamatan pengguna di Facebook di area bencana. Sehingga nantinya kerabat maupun teman yang terkoneksi di akun Facebook bisa mengetahui keselamatan pengguna.

Kerabat maupun teman juga bisa mengecek keadaan relasi di area bencana dengan cepat. Cara kerja dari fitur ini ketika Facebook mendeteksi bencana di suatu area, maka Facebook akan mengaktifkan fitur ini di bagian beranda akun pengguna.

Pengguna diberikan akan diberikan dua opsi jawaban, opsi pertama adalah pengguna mengonfirmasi keselamatannya. Opsi kedua adalah pengguna bisa menjawab tidak sedang berada di area bencana. Tautannya adalah https://www.facebook.com/about/crisisresponse/

Bagi pengguna yang hendak memastikan keselamatan kerabat di area bencana. Pengguna tinggal membuka laman “Penanggulangan Krisis” di Facebook. Ketika dibuka akan muncul area bencana terbaru, pengguna memilih area bencana yang dicari.

Kemudian setelah dibuka, nanti akan muncul di feed terkait berita dari media, foto, video, hingga postingan terkait bencana. Di bagian kanan atas laman tersebut, ada informasi soal teman Facebook pengguna yang terkena dampak pada bencana. Tautannya adalah

https://www.facebook.com/crisisresponse/alindau-sulawesi-tengah-indonesia-earthquake-sep29-2018/about/?source=bookmark

Tak hanya memberikan informasi, pengguna juga bisa memberikan dukungan atau mencari dengan memposting di laman tersebut. Beberapa kategori bantuan di antaranya adalah transportasi, air, bahan bakar, pakaian, perlindungan, informasi, hingga perlengkapan bayi.

Melalui keterangan resmi, Facebook menyebut mengaktifkan Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan setelah bencana gempa bumi di di Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah pada pukul 17:34 WIB pada tanggal 28 September, 2018: Hingga saat ini, sudah lebih dari 250 permintaan bantuan yang masuk melalui Community Help.

Facebook pertama-tama mendapatkan informasi mengenai area bencana dari postingan pengguna atau dari agensi. Kemudian Facebook juga memonitor postingan pengguna untuk kemudian mengaktifkan Pemeriksaan Keselamatan.

“Kami harap masyarakat di sekitar area bencana dapat merasa terbantu dengan adanya fitur ini untuk memberitahukan kerabat dan keluarga mereka bahwa mereka berada dalam keadaan selamat,” kata Facebook dalam keterangan resmi yang dikutip cnnindonesia, Sabtu (29/9/2018). (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini