Beranda Bisnis ExxonMobil Berencana Investasi di Kota Serang, Kasemen Jadi Lokasi Strategis

ExxonMobil Berencana Investasi di Kota Serang, Kasemen Jadi Lokasi Strategis

Perwakilan dari PT ExxonMobil meninjau lokasi untuk berinvestasi di Kasemen, Kota Serang, Banten. (Ist)

SERANG – PT. ExxonMobil berencana investasi di Kota Serang. Perwakilan dari perusahaan asal Amerika Serikat itu telah meninjau lahan yang akan digunakan. Lokasi tersebut, berada di daerah Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen.

Turut hadir saat meninjau lokasi yakni Penjabat (Pj) Walikota Serang Yedi Rahmat, perwakilan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) serta investor ExxonMobil.

Yedi Rahmat mengatakan, peninjauan itu dilakukan untuk memastikan kondisi lahan yang nantinya akan digunakan oleh investor.

“Kami bersama tim perwakilan Menko Marves RI, mendampingi investor ExxonMobil memastikan kondisi geografis lahan yang nanti akan di pergunakan,” katanya, Selasa, 5 Maret 2024.

Yedi menuturkan, dari nilai investasi tersebut cukup sangat besar, bahkan mencapai 10 miliar USD Amerika Serikat atau setara dengan Rp 157 Triliun lebih.

“Nilai investasi itu cukup besar, mudahan-mudahan -mudahan investor yang masuk ini bisa sesuai dengan harapan kita bersama. Agar bisa meningkatkan PAD Kota Serang,” jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, perwkilan Kemenko Marves RI Rindaldi mengungkapkan bahwa, keberadaan perusahaan PT. ExxonMobil merupakan salah satu industri terbesar di Asia, yang nantinya akan membangun industri Petro Kimia untuk menghasilkan green produk.

Bahkan luas lahan yang dibutuhkan oleh perusahaan itu seluas 500 hektar. Dengan nilai investasi Rp 10 USD Amerika Serikat.

“Tentunya ini bukan investasi yang kecil, tapi investasi yang sangat cukup besar.
Kemudian kami dari pemerintah pusat mengawal agar supaya, investasi ini bisa terealisasi dan bisa terlaksana,” jelasnya.

Menurut Rindaldi, untuk sementara ini investor masih belum bisa menetapkan cocok atau tidaknya lokasi tersebut. Akan tetapi, dirinya berharap Kota Serang bisa terpilih menjadi lokasi unggulan.

“Jadi mereka masih membandingkan-bandingkan lokasinya. Tapi kami berharap mudahan-mudahan Kota Serang bisa terpilih menjadi lokasi pendirian,” katanya.

Terakhir menambahkan, salah satu tim Perencanaan Investasi dari Kemenko Marves Edi mengharapkan agar Kota Serang menjadi salah satu pilihan investor terbesar tersebut.

“Insya Allah pilihan ini diantara pilihan-pilihan lain, Kota Serang bisa terpilih dan mudah-mudahan bisa membantu pendapatan pemerintah Kota Serang dan masyarakat Kota Serang,” harapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini