Beranda Nasional Erick Thohir Inginkan Pembentukan Polisi Olahraga, Sudah Lapor Presiden Jokowi

Erick Thohir Inginkan Pembentukan Polisi Olahraga, Sudah Lapor Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) usai menyaksikan pertandingan Timnas U-23 melawan Turkmenistan dengan skor 2-0, di Stadion Manahan Solo, Jateng, Selasa (12/9/2023) malam. (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

JAKARTA – Ketum PSSI Erick Thohir menginginkan pembentukan polisi khusus olahraga untuk mengawal setiap pertandingan sepak bola di Indonesia.

Erick saat pra-lokakarya suporter sepak bola nasional di Yogyakarta, Jumat (15/9/2023), mengaku telah menyampaikan gagasannya tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Saya sudah bicara dengan Pak Presiden dan Pak Kapolri. Waktu itu saya bilang kalau ada polisi pariwisata, ya saya rasa polisi olahraga penting juga, saya akan dorong terus,” ujar Erick yang dikutip suara.com (jaringan BantenNews.co.id) dari Antara.

Erick awalnya menargetkan kehadiran polisi olahraga dalam ajang Piala Dunia U-17. Namun, ia menyadari hal tersebut berbenturan dengan persiapan Polri dalam menghadapi Pemilu.

Erick menyampaikan keberadaan polisi olahraga akan menjadi sebuah perubahan besar dalam sepak bola Indonesia.

“Kenapa saya mendorong polisi olahraga supaya aparat ini dekat dengan kita. Kalau polisinya ganti-ganti dia tidak kenal kita. Tapi kalau dia punya job desk yang dekat sama kita, artinya ada komunikasi yang lebih baik, jangan terpersepsikan suporter ini mau bikin ribut,” kata Erick.

Dengan saling mengenal dan memahami, Erick menyebut polisi olahraga dan suporter dapat berkolaborasi dalam mewujudkan pertandingan sepak bola yang aman dan nyaman.

Keberadaan mereka, menurut Erick, juga akan membangun rasa saling percaya antara suporter dan polisi olahraga.

“Saya akan mendorong terus, nanti ini ada turunannya bagaimana ada kepercayaan dari pihak aparat dan kita bisa bersinergi dengan isu-isu lain misalnya soal ujaran kebencian di media sosial,” kata Erick. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ