Beranda Peristiwa Enam Rumah Warga di Pandeglang Hangus Terbakar

Enam Rumah Warga di Pandeglang Hangus Terbakar

Sebanyak enam rumah warga di Kampung Pasir Cau, Desa Karangsetra, Kecamatan Koroncong, Kabupaten Pandeglang, Banten hangus terbakar pada Rabu (26/8/2020).

 

PANDEGLANG – Sebanyak enam rumah warga di Kampung Pasir Cau, Desa Karangsetra, Kecamatan Koroncong, Kabupaten Pandeglang, Banten hangus terbakar pada Rabu (26/8/2020) sekitar pukul 09.00 WIB tadi pagi.

Keenam rumah itu milik Herul (45), Sarmedi (60), Mahmudin (46), Nurdin, Heru Wahyudin (60) dan Junariah. Diduga api berasal dari korsleting listrik dari salah satu rumah warga yang merambat ke rumah yang berada di dekatnya.

Kepala Desa Karangsetra, Mahdar mengatakan, sumber api berasal dari rumah milik Herul dan merambat ke rumah tetangga di dekatnya.

“Kebakaran diduga akibat korsleting listrik dari rumah Herul yang terbuat dari bilik (semi permanen) kemudian menjalar ke rumah yang berada disekitarnya,” kata Mahdar saat dihubungi wartawan.

Bahan bangunan yang terbuat dari kayu membuat api dengan cepat menghanguskan rumah milik Herul, sedangkan untuk lima rumah lainnya hanya beberapa bagian saja yang mengalami kerusakan.

Api baru bisa dipadamkan sekitar satu setengah jam kemudian setelah 1 mobil pemadam kebakaran milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pandeglang tiba di lokasi.

“Yang terbakar total itu cuman satu tapi (rumah lain) yang terdampak itu di kiri, kanan dan belakangnya juga cuman tidak parah karena yang parah itu cuman satu. Kalau tidak ditanggulangi oleh masyarakat itu bisa lebih parah lagi,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pandeglang, Emil Salim.

Beruntung dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa namun kerugian materil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. “Ga ada korban cuman materil saja. Korban (keluarga Herul) untuk sementara mengungsi ke rumah saudaranya karena kebetulan ada saudaranya disitu,” tambahnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini