Beranda Nasional Empat Varietas Padi Pandeglang Terdaftar di Kementan

Empat Varietas Padi Pandeglang Terdaftar di Kementan

Bupati Pandeglang Irna Narulita menandatangani berita acara tentang varietas padi Pandeglang. (Memed/bantennews)

 

PANDEGLANG – Dari 17 varietas bibit padi lokal yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Pandeglang, baru 4 jenis saja yang resmi terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Kementerian Pertanian.

Keempat varietas padi yaitu Padi Carogol, Beureum Saetik, Jalawara Hawara, dan Paray semua varietas yang terdaftar berasal dari Kecamatan Cibaliung. Nantinya 4 varietas padi lokal yang telah memiliki tanda daftar masih memerlukan proses adaptasi dan pemurnian, pemeriksaan kelengkapan data pendukung untuk mengetahui rasa atau ciri khas masing-masing di tiap daerah.

Sekretaris Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian M Prama Yufdhy mengatakan, varietas lokal memegang peranan penting dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat, terlebih jika dapat dilestarikan dan dimanfaatkan dengan benar.

“Perlu upaya yang maksimal dalam pendataan jenis varietas lokal agar potensi seluruh varietas dapat dikembangkan guna meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya, Kamis (17/1/2019).

Ia menambahkan selain menyerahterimakan dokumen keempat tanda daftar tersebut, pihaknya juga  memberikan bantuan untuk para petani yang lahannya kena musibah bencana tsunami dan banjir. “Kami berikan 6 ton benih padi dan bantuan logistik,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan telah terdaftarnya 4 varietas lokal asal Pandeglang di Kementan tentunya memiliki hak paten, ke empat jenis varietas tersebut telah terdaftar secara resmi menjadi milik masyarakat Pandeglang, pendaftaran empat  jenis varietas padi  itu sebagai cara untuk melindungi varietas padi asli Pandeglang.

“Beberapa jenis varietas lokal ini tentunya harus terus di kembangkan, jangan sampai produk lokal kita di akui oleh daerah lain, apalagi Kabupaten Pandeglang merupakan daerah yang memberikan kontribusi dalam mewujudkan kedaulatan pangan di Tingkat Provinsi dan nasional,” tambahnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini