Beranda Teknologi Empat Tanda WhatsApp Dibajak

Empat Tanda WhatsApp Dibajak

Aplikasi WhatsApp - foto istimewa suara.com

BANTEN – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi berkirim pesan yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan seseorang bahkan hingga luar negeri.

Aplikasi ini tak hanya bisa berkirim pesan berupa teks. Namun, WhatsApp juga memungkinkan bertukar pesan dalam bentuk gambar, video, hingga pesan suara.

Setiap waktu, WhatsApp selalu memperbaiki performa-nya dan melakukan pembaruan. Karena itu, WhatsApp bisa terus digunakan karena terus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Sayangnya, WhatsApp belum se-aman yang dipikirkan. Ada banyak kasus pengguna melaporkan bahwa WhatsApp mereka telah dibajak.

Sederet modus yang dilakukan oleh pelaku bisa jadi sangat membahayakan bagi pengguna WhatsApp.

Nomor WhatsApp yang digunakan bisa menjadi salah satu modus pembajakan. Hal ini dilakukan kalau para pelaku ingin mengakses layanan WhatsApp Web dan membutuhkan pemindaian QR Qode.

Kalau pelaku bisa mendapatkan akses ini, maka seluruh percakapan di WhatsApp bisa dipantau, bahkan bisa digunakan untuk membalas pesan dari korban.

Ciri WhatsApp dibajak

Pembajakan yang dilakukan tetap bisa diketahui melalui beberapa tanda. Berikut ini deretan rangkumannya.

1. Mendapatkan kode OTP

Kode OTP atau One Time Password merupakan sebuah pesan yang berisikan enam digit nomor autentikasi. Kode ini akan dikirimkan oleh WhatsApp saat pengguna masuk ke akunnya.

Kalau mendapatkan OTP, itu tandanya ada pihak lain yang ingin menyambungkan perangkatnya ke WhatsApp. Lebih baik abaikan pesan ini dan jangan berikan kode pada siapapun yang memintanya.

2. Keluar dari WhatsApp Web

Kalau tiba-tiba keluar dari layanan WhatsApp Web, ada kemungkinan orang lain ingin membajak WhatsApp.

Anda juga bisa mengetahuinya kalau ada perangkat yang tidak dikenal mencoba mengakses akun WhatsApp.

Caranya, tekan ikon tiga titik di bagian kanan atas aplikasi WhatsApp. Pilih mode WhatsApp Web, lalu akan terlihat WhatsApp Web telah digunakan di perangkat mana.

3. Pesan Telah Terbaca

Saat ada pesan yang tiba-tiba sudah tercentang biru atau sudah dibaca, artinya kemungkinan akun WhatsApp sudah dibajak atau disadap.

4. Pesan Terkirim Tanpa Sepengetahuan Pengguna

Hal yang sama juga terjadi jika ada pesan yang terkirim tetapi belum pernah merasa mengirimkan.

Segera tingkatkan kewaspadaan ada kemungkinan akun WhatsApp sudah diretas. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini