Beranda Pemilu 2024 Elektabilitas Ganjar, Prabowo dan Anies di Kalangan Pemilih Kritis Versi SMRC

Elektabilitas Ganjar, Prabowo dan Anies di Kalangan Pemilih Kritis Versi SMRC

Foto istimewa

SERANG  – Lembaga Survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) merilis trens elektabilitan Calon Presiden (Capres) 2024 di Pemilu 2024 mendatang.

Dari hasil SMRC pada 2-5 Mei 2023, nama-nama pejabat pubik seperti Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bersaing ketat menempati urutan teratas sejumlah survei nasional. Disusul nama Anies Baswedan.

Setidaknya, ada 925 orang pemilih kritis dari survei SMRC. Yang dalam prosesnya menggunakan indikasi pemilih kritis sebagai mereka yang memiliki telepon atau telepon pintar (smartphone).

Sebab, mereka dinilai menerima informasi lebih banyak dibandingkan yang tidak punya alat komunikasi tersebut.

Adapun metode survei yaitu random digit dialing (RDD). Margin of eror survei diperkirakan sekitar 3,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Dalam survei Kalangan Pemilih Kritis yang dilakukan oleh SMRC, nama Prabowo Subianto memiliki eletabilitas tertinggi dibandingkan 2 nama lainnya. Dimana, ia memiliki elektabilitas sebesar 34,5 persen. Sementara, Ganjar 33,3 persen dan Anies 21,7 persen.

Menurut Direktur Riset SMRC, Deni Irvani dari situ dapat melihat bahwa Prabowo unggul jauh dari Anies. Namun, untuk Prabowo dan Ganjar masih bersaing ketat.

Meski begitu, Deni Irvani menuturkan bahwa dari ketiga naman tersebut tidak asa satupun nama yang dipilih melebihi 50 persen.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini