Beranda Politik Elektabilitas Erick Thohir Meningkat, Begini Kata Pengamat

Elektabilitas Erick Thohir Meningkat, Begini Kata Pengamat

Menteri BUMN, Erick Thohir.

JAKARTA – Elektabilitas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengalami tren peningkatan dalam survei kandidat calon presiden 2024. Hal itu merujuk pada hasil survei yang dirilis lembaga survei Indikator Politik Indonesia.

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof. Lili Romli menilai peningkatan tren elektabilitas Erick Thohir merupakan modal politik yang bagus.

“Ini merupakan modal politik yang sangat bagus karena Erick Thohir ini kan orang baru ya, tapi elektabilitasnya menunjukkan peningkatan terus,” kata Lili Romli kepada awak media, Rabu (27/4/2022).

Lili melanjutkan elektabilitas Erick Thohir lebih tinggi dibandingkan dengan tokoh-tokoh partai politik lainnya merupakan langkah awal yang baik.

Untuk itu, ia mengingatkan agar kerja-kerja politik Erick Thohir harus ditingkatkan lagi dan juga mesin-mesin politik harus diciptakan setiap daerah.

“Tentu ini awal yang baik, apalagi trennya meningkat dibandingkan tokoh-tokoh dari partai politik. Ini harus digiatkan lagi kerja-kerja politiknya selama 1,5 tahun ini menuju 2024,” terangnya.

Tak hanya itu, Lili Romli juga mengatakan kebijakan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN juga mampu menjawab persoalan yang ada di masyarakat. Lili menyebut kebijakan yang dikeluarkan oleh Erick selama ini juga banyak berkontribusi terhadap terbukanya lowongan kerja sehingga mengurangi pengangguran.

“Tren elektabilitas meningkat juga berkorelasi dengan kebijakan Erick Thohir, BUMN hadir untuk menjawab persoalan-persoalan masyarakat,” jelasnya.

Diketahui Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait popularitas calon presiden (capres). Dalam survei tersebut, elektabilitas Erick Thohir melesat pesat dari bulan Februari 2022 yang hanya 1.3 persen menjadi 2.4 persen pada bulan April 2022.

Sementara itu Pengamat Politik UIN Jakarta Adi Prayitno menilai kerja-kerja politik Erick Thohir berbuah manis setelah elektabilitasnya meningkat. Hal itu berdasarkan hasil survei data yang baru saja dirilis lembaga survei Indikator Politik Indonesia.

“Tentu ini hasil kerja-kerja politik Erick Thohir yang efektif, meski masih di angka dua persen tapi dengan tren yang naik itu merupakan hal yang bagus karena dia pendatang baru,” kata Adi Prayitno kepada awak media, Rabu (27/4/2022).

Adi melanjutkan meski elektabitas Erick Thohir masih di bawah tokoh-tokoh partai politik tapi memiliki tren elektabilitas yang terus menanjak. Namun demikian, ia meyakini, kerja-kerja politik yang masih banyak waktu menuju 2024 akan terus mendongkrak elektabilitas Erick Thohir.

“Yang harus dilihat itu kan tren naik, dibandingkan dengan tokoh-tokoh partai politik yang menurun secara tren. Meski angka tokoh-tokoh parpol itu di atas Erick tapi kan trennnya menurun,” jelasnya.

Tak hanya itu, Adi juga melihat manuver-manuver Erick Thohir sebagai Menteri BUMN ikut berkontribusi terhadap kenaikan popularitas dan elektabilitasnya. Menurut Adi, manuver Erick yang ingin menyelamatkan BUMN itu mendapatkan respon yang positif.

“Selain itu juga kita bisa liat di media-media, kan dapat dilihat Erick konsen terhadap penyelamatan BUMN dari kebangkrutan. Juga bersih-bersih korupsi, ini mendapatkan tren positif,” jelasnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ