Beranda Pemilu 2024 Elektabilitas Erick Thohir Masuk Tiga Besar Cawapres, Berpotensi Naik Usai Timnas U22...

Elektabilitas Erick Thohir Masuk Tiga Besar Cawapres, Berpotensi Naik Usai Timnas U22 Raih Emas SEA Games

Menteri BUMN, Erick Thohir.

SERANG – Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir yang digadang-gadang menjadi calon wakil presiden (Cawapres) berada dalam posisi tiga besar. Nama Ketum PSSI tersebut berada di bawah Menparekraf Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil.

Hasil tersebut merujuk pada survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia pada periode 30 April—5 Mei 2023.

“Erick kurang lebih stabil (masuk dalam tiga besar),” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Kamis (18/5/2023).

Dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia bertajuk Peta Elektoral Pascadeklarasi Ganjar Pranowo sebagai Capres PDIP dan PPP, Erick yang memperoleh elektabilitas 15,3 persen.

Sementara bertengger pada posisi pertama, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 24,5 persen dan Ridwan Kamil dengan elektabilitas 18,3 persen.

Hasil survei terbaru yang dilakukan Indikator Politik tidak berbeda jauh dengan yang dilakukan lembaga survei tersebut pada periode 8—13 April 2023 silam.

Saat itu, nama Erick menduduki posisi ketiga sebagai cawapres pilihan responden dengan elektabilitas 12,2 persen.

Meski begitu, Burhanuddin memprediksi, kemungkinan elektabilitas Erick Thohir berpotensi naik. Salah satu faktor naiknya elektabilitas Erick Thohir yakni keberhasilan Timnas Sepakbola Indonesia U-22 meraih emas SEA Games 2023 di Kamboja.

Sementara itu, survei yang dilakukan Indikator Politik melibatkan 1.200 responden yang dipilih melalui pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan pemindaian. Responden itu lalu diwawancara melalui sambungan telepon.

Sementara untuk margin of error diperkirakan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini