Beranda Bisnis Ekonomi dan Keuangan Syariah Tunjukan Daya Tahan di Tengah Pandemi Covid-19

Ekonomi dan Keuangan Syariah Tunjukan Daya Tahan di Tengah Pandemi Covid-19

Ilustrasi - foto istimewa lampost.com

SERANG – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menyatakan perkembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah menunjukkan daya tahan di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Laporan Ekonomi dan Keuangan Syariah 2020 Bank Indonesia menyebutkan bahwa ekonomi syariah Indonesia pada 2020 mengalami peningkatan lebih baik dibandingkan PDB nasional.

Sebagai kunci dalam mengakselerasi ekonomi syariah sekaligus mencapai visi Indonesia sebagai Pusat Produsen Halal Dunia, pemerintah pun mempercepat pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) industri halal.

“Untuk itu diperlukan sinergi dan kolaborasi yang kuat untuk mengakselerasi pengembangan UMKM industri halal. Tidak kalah penting adanya kemitraan dari usaha besar yang saling menguntungkan. Hal ini saya tegaskan pada acara “Kick Off Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM Industri Halal” melalui konferensi video,” ujar KH Ma’ruf Amin dikutip melalui media sosial resminya, Senin (30/8/2021).

Pihaknya menekankan bahwa adanya perhatian besar dari banyak pihak kepada UMKM merupakan modal yang harus dioptimalkan. Sejumlah inisiatif juga telah dilakukan oleh berbagai pihak untuk membantu UMKM naik kelas.

“Sebagai contoh, apabila UMKM industri halal membutuhkan pembiayaan untuk mengembangkan bisnis, maka tersedia dukungan dari bank syariah, Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB), pembiayaan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) syariah, Kredit Usaha Rakyat (KUR) syariah, saham syariah, serta pembiayaan dari financial technology (fintech) syariah,” imbuhnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini