Beranda Pemerintahan Edi: Mengisi Kemerdekaan di Era Digital Tak Perlu Lagi Angkat Senjata

Edi: Mengisi Kemerdekaan di Era Digital Tak Perlu Lagi Angkat Senjata

Walikota Cilegon, Edi Ariadi melihat fasilitas Kantor Kecamatan Ciwandan usai membuka acara.(Usman/bantennews)

CILEGON – Dalam rangka memeriahkan dan memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 74, Kecamatan Ciwandan melaksanakan kegiatan lomba gerak jalan dengan start depan kantor Kecamatan Ciwandan. Lomba gerak jalan ini dilepas langsung oleh Walikota Cilegon Edi Ariadi, Kamis (1/8/2019).

Kegiatan tersebut diikuti ribuan warga dari berbagai elemen seperti sekolah, yayasan, organisasi kepemudaan, industri, dan warga yang mewakili Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) di wilayah Kecamatan Ciwandan.

Walikota Cilegon, Edi Ariadi mengatakan, dalam mengisi kemerdekaan di era digital ini tidak perlu lagi mengangkat senjata.

“Sekarang ini kita mengisi kemerdekaan dengan berlomba, bukan lagi dengan mengangkat senjata. Perlombaan ini adalah bagian dari nilai-nilai perjuangan. Saat ini kita hanya mengorbankan waktu, bagaimana dengan saudara-saudara kita yang rela berjuang berkorban memertaruhkan keringat, air mata, bahkan nyawa demi negeri yang kita cintai bersama ini,” ujarnya dihadapan ribuan peserta lomba gerak jalan.

Edi juga mengatakan, pada era yang sudah merdeka ini tinggal mengisi kemerdekaan dengan penuh semangat dalam segi yang positif.

“Kita tidak boleh hilangkan rasa kebersamaan dan rasa persaudaraan. Kita harus mendahulukan kebersamaan sebagai sesama anak bangsa Indonesia dan pelaksanaan lomba gerak jalan ini, dimaknai sebagai bentuk untuk mengisi perjuangan pembangunan di Indonesia atas hasil kemerdekaan ini, dan juga diharapkan agar kegiatan ini tidak hanya seremonial belaka namun terdapat hikmah yang terkandung di dalamnya diantaranya menjaga persatuan dan kesatuan serta kebersamaan,” terangnya.

Edi berharap dengan dilaksanakannya lomba gerak jalan ini bisa memberikan hal-hal yang positif. “Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI tentunnya harus semagat kita adalah Indonesia, dan kita harus menunjukan bahwa kita kuat. Lalu Saya harap dengan dimulainya lomba gerak jalan ini kedepannya bisa memberikan hal-hal yang positif, dan saya juga minta Kecamatan Ciwandan harus kuat dan bersatu jangan lemah apalagi sampai ada perseteruan di masyarakatnya,” tuturnya.

Dalam acara itu, Walikota Cilegon juga berkesempatan untuk meninjau langsung perpustakaan samudera ilmu yang ada di lingkungan Kantor Kecamatan Ciwandan.

“Sekarang tugas Camat yaitu mendorong masyarakatnya agar bisa datang untuk membaca, karena dengan membaca bisa meningkatkan kreativitas dan mendapatkan hiburan, semakin kita banyak membaca maka semakin banyak juga informasi yang kita dapatkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Ciwandan Agus Ariyadi mengatakan, rangkaian HUT RI tingkat Kecamatan Ciwandan sudah dimulai hari ini. Rangkaian tersebut akan terus berlangsung hingga 17 Agustus 2019 mendatang.

“Ribuan warga yang terlibat dalam HUT RI kali ini. Berbagai perlombaan juga melibatkan warga, sekolah, industri, dan OKP (Organisasi Kepemudaan). Perlombaannya bermacam-macam seperti gerak jalan, lomba kebersihan lingkungan kelurahan, lomba kebersihan untuk industri ada sekitr 35 industri yang terlibat, jadi industri harus membuat gapura di gerbang masuknya sama di ruang pelayanan atau lobi,” terangnya.

Agus menambahkan, dengan adanya perayaan tersebut diharap bisa meningkatkan persaudaraan dan keakraban masyarakat.

“Kami juga mendorong sinergitas industri dan masayarakat karena di Ciwandan ini banyak industri. Sehingga kehadiran industri bisa berdampak positif bagi masyarakat,” harapnya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini