Beranda Sosial dan Budaya Duta Kemiskinan Kembali Bangun Rutilahu di Pandeglang

Duta Kemiskinan Kembali Bangun Rutilahu di Pandeglang

Salah satu rumah warga Pandeglang yang diperbaiki relawan Duta Kemiskinan. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Pandeglang Peduli Kemanusiaan (PPK) binaan Program Duta Kemiskinan (DK) kembali membangun Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) milik warga kurang mampu di Kabupaten Pandeglang.

Kali ini rombongan DK membangun rumah milik Ibnu Rohman warga tidak mampu di Kampung Cikole, RT 01 RW 011, Kelurahan Kabayan, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Rumah ini mulai dikerjakan tanggal 21 Juni 2019 lalu secara gotong royong oleh warga setempat beserta PPK tanpa upah atau nol rupiah untuk biaya tukang.

Menurut Elas, Koordinator Lapangan PPK, pembangunan rumah ini diperkirakan akan menghabiskan biaya maksimal Rp10 juta sebagaimana standar biaya dalam program DK. Dana bersumber dari iuran anggota PPK dan hasil salaran warga setempat. Selain itu banyak juga sumbangan warga berupa material seperti genting layak pakai, pasir, keramik dan cat. Karenanya bantuan rumah ini dibuat full bata atau permanen.

“Rencananya rumah ini akan diselesaikan di minggu pertama atau kedua pada bulan Juli 2019, dengan demikian diharapkan di bulan Juli keluarga Pak Ibnu sudah bisa menempati rumahnya,” ucap Elas, Rabu (3/7/2019).

Menurut Elas, Ibnu sang pemilik rumah sedang sakit dan tinggal di rumah kerabatnya di Kebon Cau Pandeglang. Jumlah keluarga yang menjadi tanggungannya 6 orang dan keseharianya bekerja secara serabutan.

“Kami berharap setelah ini banyak warga Pandeglang yang tergugah dan mau bergabung di PPK, agar kita mampu membantu mengatasi persoalan rumah tidak layak huni yang jumlahnya masih banyak di Kecamatan Pandeglang. Dan alhamdulillah pemerintah setempat pun ikut mendukung program ini,” katanya. (Med/Red)