Beranda Pendidikan Dukung PTM Kapasitas 100 Persen di Kota Tangerang, Ratusan Siswa Dites Swab...

Dukung PTM Kapasitas 100 Persen di Kota Tangerang, Ratusan Siswa Dites Swab PCR

Pelajar di Kota Tangerang di Swab PCR - foto istimewa

TANGERANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menggelar swab acak bagi siswa yang melaksanakan PTM dengan kapasitas 100 persen di delapan sekolah pada Rabu (12/1/2022).

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni mengatakan bahwa  surveilans aktif dilaksanakan untuk mendukung kegiatan PTM dengan kapasitas 100 persen, dan untuk mendeteksi secara dini apabila ditemukan hasil swab positif.

“Ini kami lakukan untuk support kegiatan PTM 100 persen sehingga anak-anak harus kita jaga dan surveilans aktif ini untuk mendeteksi secara dini apabila ditemukan hasil swab positif,” ungkap dia dalam keterangannya.

Ia melanjutkan, penutupan kelas hingga penutupan sekolah akan dilakukan apabila positivity rate melebihi standar yang ditetapkan.

“Kalau positivity rate nya di bawah lima persen, yang ditutup hanya kelasnya saja. Tapi, kalau positivity rate di atas lima persen sekolah akan ditutup. Nanti, tergantung dari tracing yang dilakukan jika ada kasus terkonfirmasi positif,” ujarnya.

dr. Dini menambahkan, dari delapan sekolah hari ini diambil 405 sampel yang nantinya secara keseluruhan sebanyak 3.207 sampel.

Dengan dimulainya PTM dengan kapasitas 100 persen, dr. Dini mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Terutama, di sekolah-sekolah harus memperketat kebiasaan-kebiasaan baik pada siswa.

“Masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Terutama, di sekolah-sekolah harus memperketat kebiasaan-kebiasaan baik pada siswa. Dimulai dari pintu masuk, pemanfaatan sarana prasarana, seperti pengecekan suhu, tempat cuci tangan, harus menjadi kebiasaan bagi seluruh warga sekolah untuk menghindari penularan virus COVID-19,” imbaunya.

Siswi SMP Strada St. Maria 1, Natasya Rani berharap PTM dapat dilakukan 100 persen dan kegiatan belajar mengajar dapat kembali dengan normal.

“Semoga kegiatan PTM dapat dilakukan secara normal kembali, dan untuk teman-teman jangan takut untuk di-swab karena ini untuk kebaikan kita juga dan untuk memutus mata rantai Covid-19,” tutupnya.

Diketahui, swab PCR atau surveilans aktif bagi sekolah pelaksana PTM kapasitas 100 persen dilakukan sejak Rabu (12/1/22), hingga Jumat (21/1/22).

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini