Beranda Kesehatan Dukung Pemkab Pandeglang, Kecamatan Saketi Bentuk Tim TGC Covid-19

Dukung Pemkab Pandeglang, Kecamatan Saketi Bentuk Tim TGC Covid-19

Guna mendukung program pemerintah pusat, provinsi dan daerah dalam mengahadapi wabah virus Corona atau Covid-19, Kecamatan Saketi membentuk Tim Gerak Cepat (TGC) Covid-19.

 

PANDEGLANG – Guna mendukung program pemerintah pusat, provinsi dan daerah dalam mengahadapi wabah virus Corona atau Covid-19, Kecamatan Saketi membentuk Tim Gerak Cepat (TGC) Covid-19.

Camat Saketi, Hasan Bisri mengatakan, selain mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19 tingginya angka Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kecamatan Saketi juga menjadi salah satu pertimbangan pembentukan TGC.

“Di kita ODP ada 16 orang, dan PDP 1 orang, oleh sebab itu hasil Rakor melalui Video Conference kemarin Saketi lebih banyak dari kecamatan lain,” kata Hasan Bisri saat penyemprotan disinfektan di Desa Langensari, Selasa (31/1/2020).

Namun ia menilai tingginya ODP ini dikarenakan masyarakatnya pro- aktif berkoordinasi dengan TGC Kecamatan dan Desa. Selain itu, kesadaran masyarakat juga patut diapresiasi sebab ketika ada warga yang baru pulang dari daerah yang terpapar Corona mereka langsung memeriksakan dirinya.

“Kesadaran warga yang pulang kampung cukup baik, mereka yang datang langsung memeriksa kesehatan ke Posko Covid Kecamatan,” jelasnya.

Ia membeberkan, ada 7 poin tugas TGC kecamatan diantaranya melakukan sosialisasi pencegahan Covid 19 melalui surat resmi, Wag WhatsApp, wawar dan kunjungan langsung, serta menghimpun data dari TGC desa terkait masyarakat yang pulang atau sudah bepergian dari wilayah pandemi.

“Sedangkan tugas TGC desa yaitu menyampaikan laporan harian Covid 19 kepada TGC kecamatan dan berkoordinasi di tingkat desa,” ujarnya.

Terkait penanganan ODP, Hasan Bisri menjelaskan bahwa petugas akan menghubungi pasien tersebut untuk memastikan kondisi terbaru. Jika tidak ada respon dari ODP, maka pihaknya akan menghubungi Kepala Desa untuk melakukan pemantauan.

“Nanti kita akan kunjungi langsung ODP tersebut hingga 14 hari untuk memantau perkembangannya,” tambahnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini