Beranda Bisnis Duh, Ribuan Rumah Warga di Banten Belum Teraliri Listrik

Duh, Ribuan Rumah Warga di Banten Belum Teraliri Listrik

Ilustrasi - foto istimewa CNN Indonesia

SERANG – Ribuan rumah masyarakat di Banten belum teraliri listrik. Padahal, pasokan listrik Banten masih surplus 40% dari kebutuhan.

General Manager Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Doddy B. Pangaribuan membenarkan bahwa masih ada 1.000 sampai 1.100 rumah di Banten belum teraliri listrik.

Doddy mengatakan, bukan karena listrik belum sampai ke wilayah Banten, melainkan 1.000 rumah tersebut masih menggunakan listrik tetangga atau saudaranya.

“Kalau hari ini sekitar 1.000 sampai 1.100 rumah tangga yang belum teraliri listrik. Itupun sudah menikmati listrik tapi belum menjadi ppelanggan PLN,” ujar Doddy pada acara “Nongkrong Bareng PLN dan Media” di Lorin Hotel, Sentul, Babakan Madang, Bogor, Sabtu (19/10/2019).

Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana mengajak penghuni yang belum mandiri menggunakan listrik itu, bisa menjadi pelanggan PLN.

Menurut Doddy, sebenarnya masyarakat mampu membayar tagihan listrik bulanan, yang tidak sanggup adalah biaya pasang barunya.

“Mereka bisa membayar langganan bulanan tapi belum sanggup membayar uang pasang baru,” jelasnya seperti dikutip dari tribunnews.com.

Doddy menargetkan tahun 2020 permasalahan itu sudah selesai. Pihaknyabakan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk bisa merealisasikan 100% pelanggan PLN.

Pasalnya, nyantol atau menumpang listrik ada bahayanya, utamanya terkait kabel yang kualitasnya jarang terpantau oleh si pemilik listrik.

Selain itu, orang yang menumpang listrik membayar biaya yang kerap lebih mahal dari pada membayar langsung ke PLN.

“Target kami tahun ini tidak ada lagi oenduduk banyen yang tidak berlistrik dan tidak nyantol dengan saudaranya,” jelasnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini