Beranda Kesehatan Duh, Dijanjikan Rp15 Juta, Nakes Covid-19 di Kota Tangerang Cuma Dibayar Rp1,5...

Duh, Dijanjikan Rp15 Juta, Nakes Covid-19 di Kota Tangerang Cuma Dibayar Rp1,5 Juta

Ilustrasi - foto istimewa kumparan.com

TANGERANG – Salah seorang tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Tangerang mengeluhkan pemangkasan gaji sebesar 30 persen. Pemotongan tersebut kabarnya sudah berlangsung beberapa bulan terakhir.

Salah satu Nakes berinisial RS mengatakan, ia mengeluhkan pemotongan tersebut lantaran profesi mereka paling berisiko terpapar Covid-19. “Gaji Agustus dan September dipotong 30 persen,” katanya, Kamis (8/10/2020).

RS mengungkapkan, pemotongan gaji dilakukan merata mulai dari Nakes, petugas kebersihan, dan petugas keamanan. Kata dia, anggaran insentif bagi perawat dan dokter yang menangani pasien juga tidak sesuai janji sebesar Rp15 juta.

“Kakak saya saja yang menangani pasien Covid-19 dari awal bulan April dan Mei hingga bulan ini, cuma dapat Rp1,5 juta per tiga bulan,” ungkapnya.

Ia menuturkan, tenaga kesehatan tidak berharap banyak. Mereka hanya menginginkan mendapatkan gaji secara penuh.

“Sebenarnya enggak muluk-muluk. Digaji penuh saja dalam kondisi seperti saat ini, sudah alhamdulilah, apalagi dapat bonus atau tunjangan karena jadi tim COVID-19,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi mengungkapkan, ia mengakui adanya pemotongan tersebut mendapatkan keluhan dari para nakes.

“Yah pasti (mengeluh) tapi ada yang disebelah kamu (Nakes) yang enggak punya sama sekali,” terangnya.

Liza mengeklaim telah membicarakan masalah pemotongan gaji itu kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Namun, anggaran Pemkot Tangerang saat ini sangat minim dan difokuskan untuk penanganan Covid-19.

“Karena anggarannya terbatas. Menurut saya sih karena anggarannya tidak tersedia. Anggarannya dialihkan ke (penanganan) COVID-19,” pungkasnya.

(Wan/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini