Beranda Hukum Duh, Bocah SMP Leluasa Curi Banyak Koper di Bandara Soekarno-Hatta

Duh, Bocah SMP Leluasa Curi Banyak Koper di Bandara Soekarno-Hatta

350
0
Ilustrasi - foto istimewa detik.com

TANGERANG – DV (15) Seorang pelajar SMP berinisial nekat mencuri koper di Bandara Soekarno-Hatta. Aksinya pun terbilang leluasa. Tanpa memiliki boarding pass, dia bisa masuk dari pintu keluar.

“Dengan membawa paper bag dan koper kemudian berpura-pura ada koper yang tertinggal,” ucap Kapolres Bandara Soekarno-Hatta AKBP Viktor Togi Tambunan, kepada wartawan di Mapolres Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (27/5/2018).

Pihak Bandara Soekarno-Hatta menjadikan peristiwa itu sebagai bahan evaluasi pengambilan bagasi. Koper atau barang apapun yang diambil dari bagasi akan dicocokkan dengan boarding pass.

“Nah, ini yang kita sedang ingin menyampaikan dan membuat semacam layanan bersama. Kemudian ini menjadikan suatu prosedur tetap yang nanti kita akan samakan,” Senior General Manager (SGM) Bandara Internasional Soekarno-Hatta ( Soetta), Suriawan Wakan dilansir detik.com.

Menurut Wakan, seharusnya penumpang yang masuk kembali dari pintu keluar harus menunjukkan boarding pass. Dia mengatakan evaluasi pengamanan akan diperketat.

“Ini sedang dilakukan keterangan oleh pihak polres. Untuk siapa petugas yang memang sedang berjaga di sana. Nanti kemungkinan kita dapat input, dan sebagainya, apakah ini kelalaian dan sebagainya,” ucap Wakan.

Selain itu, setiap ada penumpang kembali masuk, dengan keperluan lain, harus ditemani oleh AVSEC (Aviation Security). Namun, dilihat dari CCTV, DV berjalan sendirian.

“(Penumpang) biasa meminta bantuan kami untuk bisa mengakses sampai sana karena memang saat penumpang ingin masuk biasanya itu dikawal dan dipastikan oleh petugas ground handling bandara untuk diantar menemukan barang yang dicari dan petugas AVSEC pun memastikan seberapa lama dia mencari itu,” kata Wakan

Kejadian kehilangan koper ini sempat viral di media sosial. Seseorang bercerita dia kehilangan dua koper di Terminal Bandara Soekarno Hatta pada 12 Mei 2018.

Polisi akhirnya mengamankan DV di rumahnya di Tigaraksa, Tangerang. Di kamarnya, tersimpan 10 koper hasil curiannya. (Red)