Beranda Nasional Dubes Arab Saudi Pastikan Kuota Haji Indonesia Selalu Bertambah

Dubes Arab Saudi Pastikan Kuota Haji Indonesia Selalu Bertambah

Ilustrasi - foto istimewa radarlombok.com

JAKARTA – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, YM Essam Bin Abed al-Thaqafi memahami tingginya minat masyarakat Indonesia untuk beribadah haji ke Tanah Suci. Karena itu ia menyebut pemerintahannya bakal selalu memberikan kuota haji bagi Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Essam saat diwawancarai Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono melalui acara podcastnya yang disiarkan YouTube Masbos Podcast, Selasa (6/4/2021).

Essam mengetahui ada calon jemaah haji Indonesia yang harus menunggu hingga puluhan tahun untuk bisa menunaikan salah satu dari rukun Islam tersebut.

“Tentu saja dari negeri seperti Indonesia, saya dengar ada banyak jemaah haji yang mengantre selama lebih dari 20 sampai 25 tahun,” kata Essam.

Diaz lantas menyinggung dalam situasi sebelum pandemi Covid-19, pemerintah Arab Saudi memberikan 230 ribu kuota untuk jemaah haji asal Indonesia. Kemudian jumlah tersebut kembali ditambah hingga 50 ribu kuota.

Ia sempat menanyakan akankah Pemerintah Arab Saudi tetap memberikan kuota tambahan bagi Indonesia apabila pandemi Covid-19 sudah mereda. Essam pun meyakini pemerintah Arab Saudi bakal memberikannya.

“Tentu saja, anda tahu bagaimana pentingnya haji bagi masyarakat Indonesia. Ketika kita bicara tentang 220 ribu sampai dengan 230 ribu kuota itu terlihat kecil, namun jumlah itu besar dibandingkan negara lain dan dua tahun lalu kami memberikan 10 ribu kuota tambahan,” ungkapnya.

“Insyaallah kami akan berusaha untuk itu. Semoga segala hal segera membaik,” kata Essam. (Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini