Beranda Pemerintahan Dua OPD Pemkot Cilegon Akan Disederhanakan

Dua OPD Pemkot Cilegon Akan Disederhanakan

Kantor Walikota Cilegon. (BantenNews.co.id)

CILEGON – Pemkot Cilegon mewacanakan peleburan terhadap dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Keduanya yakni Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).

Kepala Bagian Organisasi dan Reformasi Birokrasi Setda Kota Cilegon, Sam Wangge menuturkan rencana tersebut merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 90 tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

“Memang rencananya kedua OPD itu akan dilebur. DKPP pindah ke Perkim (Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman) dengan diambil dua bidangnya saja, yaitu Bidang Pertanian dan Bidang Ketahanan Pangan. Sedangkan Bidang Kebudayaan Disparbud digeser ke Dinas Pendidikan, lalu Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan bergabung dengan Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga),” ujarnya kepada BantenNews.co.id, Sabtu (26/6/2021).

Rencana tersebut, lanjut Sam, juga turut dengan mempertimbangkan pada amanat sejumlah regulasi lainnya. Seperti Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional dan Permenpan-RB nomor 25 Tahun 2021 tentang Penyederhanaan Struktur Organisasi pada Instansi Pemerintah.

Deadline untuk penyederhanaan birokrasinya dalam usulan penyetaraan jabatan administrasi ke jabatan fungsional itu pada 30 Juni, sementara untuk lembaganya tidak ada target waktu karena disesuaikan dengan RPJMD periode berikutnya,” katanya.

Masih dikatakan Sam, pihaknya menargetkan penyederhanaan OPD itu sudah tuntas pada tahun ini agar pada tahun 2022 mendatang, OPD hasil penyederhanaan sudah dapat berjalan.

“Tapi karena keputusannya ada di tangan Provinsi, kita Kabupaten/Kota hanya mengusulkan saja, nanti diverifikasi dan divalidasi oleh Provinsi,” terangnya. (dev/red)