Beranda Peristiwa Dua Menteri Datangi Kampung Binaan di Pabuaran

Dua Menteri Datangi Kampung Binaan di Pabuaran

193
0
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat berkunjung ke Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang. (Ade/bantennews)

SERANG – Suasana terasa meriah di Kampung Pojok, Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang menyambut kedatangan dua menteri, Jumat (15/3/ 2019).

Kampung yang diharapkan dapat menjadi Kampung Wisata Pangan Lestari ini kedatangan menteri. Kampung dengan penduduk sekitar 500 orang ini, mendapat kesempatan  didatangi  dua menteri sekaligus yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Kampung Pojok terletak tepat di belakang Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten. Kampung ini pada tahun 2018 berkesempatan untuk mendapat Program Sosial Bank Indonesia, dan direncanakan terus dibina hingga tahun 2020. Bank Indonesia bekerjasama dengan Koperasi Abdi Kerta Raharja dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Serang, memberi warga  bekal ilmu untuk bercocok tanam sayur mayur di ladang, halaman rumah serta hidroponik.

Dalam program sosial tersebut, mereka berkesempatan untuk bercocok tanam di tanah bengkok desa seluas kurang lebih 2000m2, 4 tempat hidroponik (2x1m) dan beternak lele dalam sistem bioflok serta 70KK mendapat lima bibit cabai dalam polybag.

Ragam sayuran yang ditanam secara hidroponik antara lain pakcoy, sawi, selada dan selada merah. Sementara ragam sayur yang dibudidayakan di lahan antara lain kangkung, kacang panjang, tomat, cabai dan jagung. Saat ini mereka telah melakukan panen sayur hidroponik dan di ladang kemudian menjual hasilnya ke kampung sebelah untuk uang kas kelompok wanita tani.

Kedepan, di tahun 2019, Program sosial yang direncanakan oleh Bank Indonesia di kampung pojok akan menyediakan wadah hilirisasi yang diharapkan dapat menjadi tujuan wisata dalam mewujudkan cita-cita kampung pojok sebagai kampung wisata pangan lestari. (Dhe/red)