Beranda Advertorial DPUPR Pandeglang Selesaikan Pembangunan Fisik Lebihi Target Tahun 2023

DPUPR Pandeglang Selesaikan Pembangunan Fisik Lebihi Target Tahun 2023

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Asep Rahmat memantau hasil pekerjaan jalan.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Asep Rahmat memantau hasil pekerjaan jalan.

PANDEGLANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pandeglang berhasil melakukan pembangunan fisik jalan melebihi target tahun 2023. Pada tahun ini, DPUPR Pandeglang berhasil membangun jalan sepanjang 31,356 kilometer dari target sepanjang 20,600 kilometer.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pandeglang, Asep Rahmat menjelaskan, pihaknya membagi 2 tahap pembangunan fisik terutama pembangunan jalan. Pada tahun 2023 ini pihaknya sudah melakukan tender dini pada Desember tahun lalu dan pekerjaan sudah mulai dikerjakan pada Januari dan Februari 2023.

“Kan dibagi 2 tahap, tahap pertama itu Jakamantul melalui tender dini yang dilaksanakan pada Desember 2022 dan pelaksanaan ada Januari dan Februari penandatanganan kontraknya. Kalau DAK di Januari dan APBD pada Februari melalui tender dini itu sudah selesai semua,” kata Asep, Senin (23/10/2023).

Sedangkan untuk pembangunan fisik tahap kedua juga sedang berjalan bahkan banyak diantaranya sudah selesai dikerjakan namun belum dilakukan serah terima dari pemborong ke Pemerintah Daerah.

“Ada juga tahap kedua, nah yang tahap kedua ini merupakan Bantuan Keuangan provinsi. Kenapa tahap kedua turunnya di pertengahan tahun pada Mei, dan perencanaannya setelah turun baru dilakukan tender. Sudah terkontrak dan pelaksanaan sudah berjalan. Ada juga yang sudah selesai terutama jalan hampir selesai semua,” terangnya.

Jalan Kadugadung-koncang sebelum dan sesudah pembangunan.

“Selesai semua itu artinya pekerjaan fisiknya tetapi belum ada serahterima pekerjaan karena menunggu umur beton, ada juga jalan yang masih 80-90 persen progresnya terutama yang di selatan karena mungkin jaraknya cukup jauh sehingga progresnya hanya sekitar 80-90 persen,” sambungnya.

Selain pembangunan jalan, Asep menerangkan, pihaknya juga sedang membangun 3 jembatan yang berada di Cikeusik, Pulosari dan Cipeucang.

“Jembatan itu dibagi 2, ada bangunan bawah dan atas. Bangunan bawah itu seperti aboutmen dan pondasi progresnya hampir selesai yang Cikeusik. Cukup bagus kalau jembatan tetapi memang belum selesai,” ungkapnya.

Ia memastikan jika melihat hasil pembangunan jalan dan realisasi di lapangan dapat dipastikan bahwa pihaknya sudah melebihi target pembangun fisik untuk tahun ini. “Kalau berbicara target saya sudah dapat laporan dari Kabid Bina Marga sudah melebihi target,” tutupnya. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini