Beranda Kesehatan DPRD Pandeglang Minta Semua Minimarket Siapkan Tempat Cuci Tangan

DPRD Pandeglang Minta Semua Minimarket Siapkan Tempat Cuci Tangan

259
0
Tb Asep Rafiudin Arief. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pandeglang, TB Asep Rafiudin Arief meminta semua minimarket yang ada di Kabupaten Pandeglang untuk menyiapkan penyintasi tangan atau hand sanitizer dan tempat cuci tangan di pintu masuk.

Permintaan itu menyusul sedang merebaknya virus Covid-19 atau Corona di Indonesia. Sebab, salah satu langkah pencegahan penularan virus yakni dengan mencuci tangan menggunakan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

Kata Asep, minimarket harus bisa menjamin kesehatan para karyawan dan masyarakat yang akan berbelanja di tempat itu. Khusus untuk karyawan ia meminta pemilik perusahaan menyediakan masker untuk mereka.

“Saran saya kepada seluruh minimarket di Pandeglang pertama untuk memperhatikan karyawannya karena bagaimanapun mereka bekerja harus memenuhi standar kesehatan. Sekarang sedang menyebar virus Covid-19 jadi sangat riskan bagi para pekerja, oleh karena itu mulai dari masker, cuci tangan itu harus tersedia,” tegas Asep, Kamis (26/3/2020).

Sedangkan untuk masyarakat umum yang berbelanja ke sana ia meminta pemilik perusahaan menyediakan hand sanitizer ataupun tempat cuci tangan di depan pintu masuk.

Setelah disediakan hand sanitizer atau tempat cuci tangan masyarakat juga harus diingatkan sebelum masuk supaya cuci tangan terlebih dahulu. Sebab menurutnya, ketika warga membuka pintu sangat riskan kalau ada orang yang sudah terpapar.

“Kalau masker itu untuk pekerjanya, kalau masyarakat umum disiapkan hand sanitizer atau tempat cuci tangan. Sebenarnya yang paling efektif itu adalah tempat cuci tangan karena airnya mengalir, kalau itu sulit dilakukan minimal disediakan hand sanitizer,” jelasnya.

Ia mengaku, selain meminta pada pemilik perusahaan langkah lain yang akan dilakukan DPRD Pandeglang adalah komunikasi langsung dengan Dinas Perdagangan Kabupaten Pandeglang agar memberikan instruksi langsung kepada semua minimarket.

“Nanti saya akan komunikasi juga dengan Komisi II yang menangani bidang perekonomian agar mereka menindaklanjuti ke Disperindag agar ada instruksi khusus ke tiap minimarket untuk menyiapkan tempat cuci tangan atau hand sanitizer,” ungkapnya. (Med/Red)