Beranda Pemerintahan DPRD Minta Pemkab Pandeglang Transparan Anggaran Penanganan Covid-19

DPRD Minta Pemkab Pandeglang Transparan Anggaran Penanganan Covid-19

Ketua DPRD Pandeglang Tubagus Udi Juhdi. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menekankan pada Pemerintah Kabupaten Pandeglang agar transparan dalam mengelola anggaran penanganan Virus Corona atau Covid-19. Hal itu agar pengelolaan anggaran bisa diawasi oleh semua pihak.

Ketua DPRD Pandeglang, Tubagus Udi Juhdi mengaku, pihaknya memang tidak dilibatkan sama sekali dalam pengelolaan anggaran tersebut. Oleh karena itu, Pemkab Pandeglang wajib transparansi agar pihaknya juga bisa ikut mengawasi setiap pengguna anggaran dan peruntukannya.

“Wajib transparan supaya semua elemen bisa mengawasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Pemda,” kata Udi, Kamis (16/4/2020).





Karena tidak dilibatkan, akhirnya DPRD mengalami kesulitan untuk mengawasi anggaran tersebut. Ditambah lagi laporan dari eksekutif kaitan usulan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mencegah dan penanganan Covid-19 hingga saat ini belum sampai ke meja DPRD.

“Sama sekali tidak dilibatkan, apalagi dalam refocusing anggaran, ya mereka acuannya SK dua menteri itu (Mendagri dan Menkeu). Alasan-alasan yang disampaikan kepada kami, karena munculnya aturan-aturan terbaru, sehingga kami belum dapat laporan,” jelasnya.

Ia juga menekankan agar Pemda Pandeglang dapat mengelola anggaran itu dengan baik. Sehingga dalam penyalurannya bisa efektif dan tepat sasaran.

“Gunakan anggaran tersebut dengan tepat sasaran, jangan sampai ada OPD mengajukan hal-hal yang tidak penting,” pesannya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengakui dalam perumusan dan pengelolaan anggaran penanganan dan pencegahan Covid-19 tidak melibatkan DPRD.

“Karena sekarang instruksi Mendagri tidak perlu DPRD, langsung ditangani bupati, jadi kami bisa mudah dan cepat, semoga aja uangnya masih ada sisa kami akan tindaklanjuti program-program unggulannya dinas-dinas lagi,” ujarnya. (Med/Red)