Beranda Pemerintahan DPMPD Sebut Baru 40 Persen BUMdes di Pandeglang yang Mulai Bagus

DPMPD Sebut Baru 40 Persen BUMdes di Pandeglang yang Mulai Bagus

Kepala DPMPD Pandeglang Taufik Hidayat. (Memed/bantennews)

 

PANDEGLANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang menyebutkan saat ini baru 40 persen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang sudah mulai baik pengelolaannya.

Kepala DPMPD Pandeglang, Taufik Hidayat mengatakan, jika diklasifikasikan ada 3 jenis BUMDes yakni BUMDes yang baru berjalan, kemudian yang sudah mulai berjalan dan ada yang sudah berjalan.





“Persentasenya yang sudah mulai bagus kisaran di 40 persen, berarti kalau di 1 kecamatan ada 10 BUMDes berarti 4 BUMDesnya sudah mulai bagus,” terangnya, Selasa (2/10/2018).

Kata Taufik, dikatakan BUMDes itu sudah mulai bagus apabila pendapatan BUMDes sudah memiliki keuntungan dan sudah masuk dalam pendapatan asli desa atau kas desa.

“Ketika berbicara keuntungan kan kita bisa melihat ketika BUMDes sudah memasukkan anggaran pendapat asli desa berarti itu sudah mulai bagus,” katanya.

Diakui Taufik, memang ada beberapa BUMDes yang direktur utamanya masih ada kaitan keluarga dengan kepala desa (kades), namun itu tidak jadi permasalahan apabila pemilihannya dilakukan sesuai musyawarah desa.

“Memang di dalam aturannya juga tidak ada klausul kaitan keluarga, karena direktur BUMDes berdasarkan aturan harus dipilih berdasarkan musyawarah desa. Ketika memang disetujui dan yang disetujui keluarga kepala desa kami mau ngomong apa,” ucapnya. (Med/Red)