Beranda Uncategorized DPKP Terapkan Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen ke Kelompok Wanita Tani

DPKP Terapkan Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen ke Kelompok Wanita Tani

KAB. TANGERANG – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang menggencarkan program Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen (GTPCP) pada para petani sebagai upaya pengendalian inflasi.

“Ini merupakan upaya untuk mengantisipasi kenaikan harga cabai dengan memanen sendiri, sehingga membantu mengurangi beban pengeluaran rumah tangga,” kata Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika Sutrisno saat melaksanakan kegiatan monitoring kegiatan Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen (GTPCP) di Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggrek II Kelurahan Sukatani, Kecamatan Rajeg.

Kegiatan tersebut diikuti 30 orang anggota KWT Anggrek II. Masing-masing anggota diberikan 4 bibit cabe yang nantinya ditanam pada pekarangan rumah mereka. Gerakan ini juga bertujuan agar para anggota memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan-lahan kosong yang masih ada.

“Hasilnya tanaman berhasil tumbuh dan dirawat dengan baik. Meski masih ada tanaman cabai yang pertumbuhan kurang bagus karena eksklusifnya tanaman ini yang memang rentan penyakit, lalu mudah menularkan kepada tanaman lainnya,” kata Asep dalam keterangannya, Jumat (25/2/2023).

Kata Asep, kegiatan monitoring ini, bertujuan untuk mengevaluasi perkembangan serta kendala pada proses penanaman sehingga dapat ditemukannya solusi yang tepat, salah satunya yakni pembasmian hama secara alami pada tumbuhan.

“Harapannya, kegiatan ini dapat menstimulus kelompok tani untuk dapat melakukan kegiatan ini secara berkelanjutan dan berkembang serta ilmu yang diperoleh dapat disebarkan kepada warga lainnya untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman sebagai lumbung pangan hidup,” pungkasnya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini