Beranda Peristiwa DPKP Kabupaten Tangerang Panen Padi Nusantara di Gunung Kaler

DPKP Kabupaten Tangerang Panen Padi Nusantara di Gunung Kaler

DPKP Kabupaten Tangerang Panen Padi Nusantara di Gunung Kaler

KAB. TANGERANG – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang bersama Kelompok Tani Barokah memanen padi varietas ciherang di lahan seluas 41 hektare. Kegiatan tersebut digelar untuk mendukung panen padi nusantara di lahan 1 juta hektare secara serentak se-Indonesia.

“Kegiatan ini digelar menyeluruh se-Indonesia dalam rangka panen raya 1 juta hektare. Salah satunya di Kabupaten Tangerang,” kata Kepala DPKP, Asep Jatnika dalam keterangannya, Sabtu (11/3/2023).

Pada pelaksanaan panen tersebut dilakukan ubinan oleh tim Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang dengan hasil ubinan 8,6 ton/Ha Gabah Kering Panen (GKP) sehingga perkiraan produksi untuk luasan 41 hektare sebesar 352,6 Ton.

Ia menyebutkan, berdasarkan hasil ubinan tersebut dapat disimpulkan bahwa produktivitas padi tersebut termasuk ke dalam kategori tinggi. Potensi panen padi di Kabupaten Tangerang pun pada bulan Maret seluas 10.897 Ha.

“Diharapkan dari kegiatan panen padi nusantara ini produksi padi dapat melimpah dan semoga dapat mempengaruhi kepada kestabilan harga beras l. Sehingga dapat  menahan laju inflasi harga beras dan dapat meningkatkan pendapatan petani di Kabupaten Tangerang,” Jelasnya.

Dalam kegiatan panen padi Nusantara ini dihadiri oleh tim dari Kementerian Pertanian, BPS Kabupaten Tangerang, Tim DPKP Kabupaten Tangerang, Kecamatan Gunung Kaler, Kepala Desa Gunung Kaler, dan beberapa Kelompok Tani.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini