Beranda Pendidikan DPAD Kota Tangerang Bina Perpustakaan Sekolah

DPAD Kota Tangerang Bina Perpustakaan Sekolah

DPAD Kota Tangerang melakukan pembinaan Perpustakaan dan Arsip Sekolah, khususnya pada sekolah tingkat dasar dan menengah pertama yang tersebar di Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar yang amat penting dan mutlak dibutuhkan. Atas kondisi tersebut, Dinas Perpustakaan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang melakukan pembinaan Perpustakaan dan Arsip Sekolah, khususnya pada sekolah tingkat dasar dan menengah pertama yang tersebar di Kota Tangerang.

Sub Koordinator Pengolahan dan Pelayanan Perpustakaan, Fenty Andrianie menjelaskan setelah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung secara daring selama hampir dua tahun karena Covid-19, perpustakaan sekolah tak dipungkiri cukup terbengkalai. Kini, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) berlangsung 100 persen, DPAD pun turun untuk kembali menguatkan keberadaan perpustakaan di dalam sekolah.

“Bagaimana perpustakaan kembali jadi pilihan para siswa dalam mencari ilmu baru. Selain lewat jejaring sosial media atau penguasaan internet, perpustakaan harus tetap bisa menjadi pilihan yang menyenangkan bagi para siswa,” jelas Fenty dalam keterangannya, Selasa (9/8/2022).

Dalam pembinaan ini, dikatakan Fenty tim DPAD yang diturunkan melakukan pembentukan sistem perpustakaan sesuai kebutuhan sekolah, mewujudkan mutu perpustakaan yang berstandar, menyediakan berbagai jenis koleksi perpustakaan sesuai dengan prioritas, serta mengatur tatanan buku yang menarik dan memudahkan bagi pengunjung.

“Harus dipahami, pendidikan sesungguhnya bukanlah sekadar memberikan ilmu yang ada. Melainkan juga merangsang murid untuk selalu mengembangkan diri, perkembangan bakat dan kemampuannya. Dalam hal inilah, perpustakaan menjadi penyumbang bantuan besar dan berguna. Dengan itu, kita harus tingkatkan kualitas dan daya tarik perpustakaan dalam sekolah,” ungkap Fenty.

Lanjutnya, dalam pembinaan ini DPAD juga berupaya untuk Pustaka tidak lagi dipandang sebelah mata dan bisa menjadi tempat yang menarik dikunjungi siswa-siswi. Khususnya untuk membaca dan mencari ilmu sambil berekreasi.

“Dengan itu, selain pembinaan untuk menghidupkan kembali dunia perpustakaan, DPAD juga rutin menurunkan perpustakaan keliling ke sekolah-sekolah, untuk menghadirkan suasana baru,” katanya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini