Beranda Komunitas Dosen Teknik Industri Unpam Berikan Pelatihan Value Engineering Pembuatan Detergen Cair

Dosen Teknik Industri Unpam Berikan Pelatihan Value Engineering Pembuatan Detergen Cair

Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Teknik Industri Universitas Pamulang yang dilaksanakan selama 3 hari, yaitu tanggal 3 – 5 November 2021 berlokasi di Desa Koper, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang.

Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Teknik Industri Universitas Pamulang yang dilaksanakan selama 3 hari, yaitu tanggal 3 – 5 November 2021 berlokasi di Desa Koper, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang memberikan warna lain pada kehidupan masyarakat desa, dimana masyarakat sangat antusias sekali menjalani penyuluhan value engineering pada pembuatan detergen cair yang saat ini produk tersebut sudah menjadi bahan pokok bagi kehidupan rumah tangga. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini dipimpin oleh Bapak Rusmalah, ST., MT selaku ketua pengabdi serta Bapak Wanto Sarwoko, ST., MT, Bapak Muhammad Yusuf, ST., MT selaku anggota pengabdi dan 3 orang mahasiswa Teknik Industri, yaitu Mugi Sobar, Antoni Widuri Muslim, dan Rian Ali Fikri.

Dengan didukung jajaran perangkat desa yang dipimpin langsung oleh Bapak Ayub selaku Kepala Desa Koper dan Ibu Adelia, S.Pd selaku Ketua Kelompok PKK Desa Koper acara Pengadian Kepada Masyarakat ini berjalan lancar dan sukses dilaksanakan. Dalam kesempatan ini Kepala Desa Koper juga mengungkapkan rasa syukur dan kebahagiaannya atas terpilihnya Desa Koper sebagai lokasi Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Teknik Industri Universitas Pamulang, dimana dengan terselenggaranya acara ini beliau berharap kedepannya masyarakat Desa Koper dapat semakin efisien dalam melakukan produksi detergen cair, “Alhamdulillah dengan hadirnya Dosen Teknik Industri Universitas Pamulang dalam kegiatan Pengadian Kepada Masyarakat ini sangat membantu masyarakat Desa Koper dalam meningkatkan efisiensi produksi detegen cair” begitu ujarnya. Selain itu, beliau juga berharap value engineering pada produk detergen cair yang diajarkan oleh Dosen Teknik Industri Universitas Pamulang dapat menjadi produk unggulan Desa Koper, hal ini disampaikan berkaitan dengan dana pengembangan desa yang belum terserap untuk dijadikan jenis usaha.

Begitupun Ibu Adelia, S.Pd, beliau mengatakan, “Dengan adanya kunjungan Dosen Teknik Industri Universitas Pamulang ke desa ini, kami selaku masyarakat desa sangat bersyukur mendapat kucuran ilmu pengetahuan yang tiada terkira dan ilmu pengetahuan tersebut dapat langsung diaplikasikan dalam bentuk efisiensi usaha produksi detergen cair dan meningkatkan laba usaha”.

Acara Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Teknik Industri Universitas Pamulang diawali dengan sambutan Ibu Rini Alfatiyah, ST., MT. C.M.A, selaku Kepala Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang. Dalam kesempatan ini Ibu Rini Alfatiyah, ST., MT. C.M.A mengungkapkan bahwa produk detergen yang diajarkan kepada masyarakat desa adalah produk detegen yang sudah mengalami masa value engineering dalam  produksinya, selain itu produk detergen ini sudah diedarkan dilingkungan Universitas Pamulang dalam berbagai jenis kemasan dan variant. “Value engineering yang dilakukan pada produk detergen kami semakin mengefesienkan ongkos produksi dan meningkatkan laba usaha” begitu ujar Ibu Rini Alfatiyah, ST., MT. C.M.A.

Dalam kesempatan ini Bapak Muhammad Yusuf, ST. MT, menyampaikan bahwa Value Engineering adalah suatu teknik manajemen yang menggunakan pendekatan sistematis, kreatif dan usaha yang terorganisir yang diarahkan untuk menganalisa fungsi dari suatu sistem dengan tujuan untuk mencapai fungsi yang diperlukan dengan biaya yang serendah-rendahnya, akan tetapi masih sesuai dengan batasan fungsional dan teknik yang berlaku sehingga hasilnya tetap menjamin keandalan produk tersebut. Disampaikan juga oleh Bapak Wanto Sarwoko, ST., MT, bahwa dasar pemikiran yang mendasari perlunya Value Engineering adalah bahwa disetiap kegiatan produksi selalu terdapat biaya-biaya yang tidak diperlukan, biaya tersebut tidak terlihat atau disadari oleh pemilik, perencana maupun pelaksana kegiatan tersebut. Ditambahkan juga oleh Bapak Rusmalah, ST., MT, bahwa tujuan dari Value Engeering adalah untuk memperoleh suatu produk yang seimbang antara fungsi-fungsi yang dimiliki dengan biaya yang dikeluarkan dengan menghilangkan biaya-biaya yang tidak perlu, tanpa harus mengorbankan mutu, keandalan. performance dari produk tersebut.

Mengikuti kegiatan Pengadian Kepada Masyarakat menjadi pengalaman baru bagi warga Desa Koper sehingga dengan suka rela mereka menyediakan waktu untuk menghadiri acara ini, acara dikemas dengan suasana ringan dan dipenuhi interaksi antara dosen dan audiens sehingga sangat terlihat sekali nuansa keakraban. Menjelang berakhirnya kegiatan ini tim dosen pengabdi memberikan sedikit cinderamata dan kenang-kenangan kepada seluruh warga Desa Koper beserta perangkat desanya. Rasa syukur dan terima kasih tak henti-hentinya disampaikan masyarakat Desa Koper dan berharap akan diadakan lagi kegiatan lanjutan sebagai bimbingan kepada masyarakat Desa Koper dalam melakukan efisiensi produk mereka.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan wujud pelaksanaan Tridarma Dosen Teknik Industri Universitas Pamulang sekaligus wujud nyata visi misi Universitas Pamulang yang humanis dan religius. Diharapkan dari hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dapat meningkatkan skill dan talenta masyarakat Desa Koper dalam mengembangkan produk-produk unggulan Desa Koper yang dapat bersaing dengan produk-produk lain yang sudah ada. (Red)