Beranda Pendidikan Dosen Mesin PNJ Beri Pelatihan Matematika ke Warga di Cisauk Tangerang

Dosen Mesin PNJ Beri Pelatihan Matematika ke Warga di Cisauk Tangerang

111
0
Foto istimewa

TANGERANG – Kelompok dosen Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta melaksanakan program pengabdian masyarakat dengan tema Pelatihan Ibu-Ibu Melek Matematika Desa Cibogo, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Materi pelatihan yang diberikan seputar materi penjumlahan, perkalian, pembagian bilangan bulat terhadap peningkatan hasil belajar matematika, yang dipelajari siswa SD, SMP. Pelatihan tersebut diikuti oleh 20 peserta ibu-ibu yang semua memilki anak usia SD-SMP.

Mayoritas peserta mengaku senang dengan kegiatan tersebut karena mereka terbantu jika harus mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) anak-anaknya yang diberikan oleh gurunya di sekolah.

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berlangsung dua hari, yakni Sabtu-Minggu, 30 November-01 Desember 2019. Adapun lokasi pelaksanaan pelatihan yakni di Posyandu Rosela, Desa Cibogo, Cisauk, Tangerang.

Abdul Azis Abdillah, selaku Ketua Tim sekaligus instruktur pelatihan mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk memberdayakan para ibu-ibu di Desa Cibogo agar lebih mengenal matematika minimal tingkat dasar.

Karena tidak jarang ada seorang ibu yang diminta tolong anaknya untuk membantu mengerjakan PR anaknya, ia malah berkilah dan terkadang ngeles karena terkadang sudah lupa, atau bahkan tidak bisa, hal tersebut yang ingin coba diminimalisir.

“Dengan adanya kegiatan ini, setidaknya ibu-ibu bisa memberikan ilmu perhitungan dasar matematika kepada putra-putrinya, karena sejatinya hal tersebut merupakan kewajiban orang tua utnuk membimbing dan mengajari anaknya, selain gurunya di sekolah,” ujar Abdul Azis, Rabu (4/12/2019).

Selain memberikan materi ajar, tim dosen Teknik Mesin PNJ juga memberikan bantuan berupa buku matematika, buku tulis, alat tulis, dan alat peraga matematika.

(Red)