Beranda Advertorial Dosen FKIP Untirta Beri Penyuluhan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga

Dosen FKIP Untirta Beri Penyuluhan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) memberikan penyuluhan pengelolaan dan pemanfaatan limbah lingkungan di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Pandeglang.
Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) memberikan penyuluhan pengelolaan dan pemanfaatan limbah lingkungan di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Pandeglang.

PANDEGLANG – Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) ambil peran dalam menjaga kelestarian lingkungan. Kegiatan pelestarian lingkungan itu melalui penyuluhan, pengolahan dan pemanfaatan limbah rumah tangga berbasis pemberdayaan masyarakat madani.

Dosen tersebut di antaranya adalah Rahmawati, S.Psi., M.A., Nurul Hayat, S.P., M.Si., Stevany Afrizal, M.Sos., Isna Rafianti, M.Pd., Dra. Istinganatul Ngulwiyah, M.Pd., Dedi Mulia, M.Pd., dan para mahasiswa FKIP Untirta.  Kegiatan ini dilakukan di Aula Desa Teluk, kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Rabu, 14 Juni 2023. Kegiatan tersebut disambut hangat oleh ibu-ibu desa teluk terutama kepala Desa Teluk Sofyan Hadi.

Sofyan menyampaikan rasa bahagianya karena tempatnya mendapat dukungan dan bantuan dari banyak pihak dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Hal membahagiakan lain menurutnya adalah pada kesempatan kali ini para perempuan Desa Teluk terutama ibu-ibu telah diajari cara-cara mudah dan sederhana yang bisa dilakukan dari dapurnya dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Menurutnya, masalah tentang sampah di desanya saat ini telah menjadi perhatian banyak pihak yang dinilai sebagai desa terkotor dari beberapa pemberitaan viral. Meskipun pada awalnya berita itu dianggapnya tidak menyenangkan, tetapi sekarang ia bersyukur sejak viral pemberitaan tentang sampah di Desa Teluk menyebabkan desanya mendapatkan banyak perhatian dari berbagai pihak.

Secara bentuk lokasi wilayah Desa Teluk merupakan pesisir pantai berbentuk lengkungan yang menghadap ke laut yang memungkinkan tiap hari terdapat sejumlah sampah yang terdampar di pesisir dan tidak dapat terbawa ombak laut ketengah lagi karena kontur pantainya pun lebih banyak yang berkarang. Belum lagi ditambah adanya sampah limbah rumah tangga dan ikan dari warganya sendiri.

Terlepas dari itu, ia sangat bersyukur berbagai instansi terutama Untirta telah konsisten memberikan perhatian kepada desa Teluk dalam berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat terutama sekali dukungan peningkatan pengetahuan warga dalam pengelolaan dan pemanfaatan limbah rumah tangga. (Adv)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini