Beranda Peristiwa Dorong Kampung Tematik Berbasis Wisata, Disbudpar Kota Tangerang Gelar Program Pemberdayaan Masyarakat

Dorong Kampung Tematik Berbasis Wisata, Disbudpar Kota Tangerang Gelar Program Pemberdayaan Masyarakat

Wisata Perahu Kano Gratis Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang meluncurkan program untuk mengembangkan daya tarik pariwisata di Kota Tangerang. Salah satunya adalah program Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Kampung Tematik Berbasis Pariwisata yang masih berjalan sampai sekarang.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Rizal Ridolloh menuturkan, program pemberdayaan masyarakat ini berbentuk pembinaan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap kelompok masyarakat dalam mengembangkan kampung tematik di wilayah masing-masing.

Lanjutnya, kampung tematik yang kini berjumlah puluhan dan tersebar di seluruh Kota Tangerang tersebut, dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan kesempatan terlibat dalam program ini, agar kampung tematik yang dikelolanya dapat ditingkatkan menuju level yang lebih tinggi, yakni kampung tematik berbasis wisata.

“Kampung tematik selama ini telah menjadi entitas unggul yang dimiliki Kota Tangerang. Semua juga tahu, kampung tematik selama ini juga mempunyai potensi wisata yang berdaya tarik tinggi. Jadi, Disbudpar Kota Tangerang lewat program ini akan memberikan intervensi berupa pembinaan bagi para pengelola di lapangan, agar kampung tematik tersebut dapat berkembang menjadi wisata yang dapat dibanggakan Kota Tangerang,” ujar Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Rizal Ridolloh dalam keterangannya, Senin (10/7/2023).

Ia melanjutkan, program ini juga diperuntukkan untuk seluruh kampung tematik secara terbuka. Saat ini, Disbudpar Kota Tangerang sedang melakukan proses sosialisasi, serta menginventarisir untuk memetakan kampung-kampung yang belum pernah terlibat dalam program, dan mempunyai potensi daya tarik pariwisata yang cukup besar di Kota Tangerang.

Ia melanjutkan, program ini juga diperuntukkan untuk seluruh kampung tematik secara terbuka. Saat ini, Disbudpar Kota Tangerang sedang melakukan proses sosialisasi, serta menginventarisir untuk memetakan kampung-kampung yang belum pernah terlibat dalam program, dan mempunyai potensi daya tarik pariwisata yang cukup besar di Kota Tangerang.

 

“Untuk mendapatkan program ini, kampung tematik terkait dapat diusulkan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang memang rutin digelar Disbudpar Kota Tangerang. Serta, Disbudpar Kota Tangerang sendiri juga saat ini masih dalam proses menginventarisir kampung-kampung tematik yang dinilai perlu dikembangkan menuju kampung tematik berbasis wisata,” lanjutnya.

 

Selain itu, program pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan kampung tematik berbasis pariwisata ini akan terus dilakukan secara intensif karena dinilai mempunyai pengaruh yang sangat signifikan dalam peningkatan kesadaran masyarakat, serta peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengelola kampung tematik kedepannya.

 

“Program ini sangat penting untuk diakses komunitas atau kelompok masyarakat yang selama ini bergerak mengembangkan kampung tematik di wilayah masing-masing. Karena, kampung tematik yang diorientasikan sebagai wisata dan dikelola secara optimal, mampu meningkatkan daya tarik pariwisata serta memberikan sumbangsih pemasukan daerah bagi Kota Tangerang kedepannya,” pungkasnya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini