Beranda Komunitas Dompet Dhuafa Resmikan Air untuk Kehidupan di Ponpes Hidayatussibyan

Dompet Dhuafa Resmikan Air untuk Kehidupan di Ponpes Hidayatussibyan

SERANG – Minimnya fasilitas air bersih serta sanitasi untuk kebutuhan puluhan santri membuat Dompet Dhuafa Banten bergerak bersama para donatur untuk membangun sanitasi tersebut. Melihat kebutuhan yang cukup luas tidak hanya penghuni Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatussibyan namun masyarakat sekitar juga memanfaatkan sarana sanitasi tersebut. 

“Terima kasih banyak atas dukungan dari berbagai pihak yang terkait yang sudah mau membantu pembangunan sanitasi Mandi Cuci Kakus (MCK) dan tempat wudhu di Ponpes ini, terutama Ust. Fahmi selaku guru dan Ust. Samani selaku pemilik Ponpes Hidayatussibyan. Ini merupakan amanah dari donatur yang harus kita selesaikan dan bersyukur dalam tiga bulan pembangunan MCK hingga tempat wudhu ini selesai dengan lancar dan hasilnya pun bagus,” tutur Fita Berliana Akbar, Manajer Program Dompet Dhuafa Banten melalui rilis, Jumat (8/2/2019).

Pembangunan MCK dan tempat wudhu ini merupakan program tahun 2018 dengan nama Program Air untuk Kehidupan.  Program in bertujuan untuk memberikan fasilitas air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan. Dan saat ini Ponpes Hidayatussibyan terpilih menjadi tempat dilaksanakannya program ini. Mengingat Ponpes ini menjadi bagian penting dalam membantu masyarakat sekitar dalam pemenuhan air bersih maupun fasilitas beribadah. 

Dompet Dhuafa Banten bersama dengan beberapa donatur membangun MCK dan tempat wudhu untuk para santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatussibyan. Terhitung sudah tiga bulan berlalu semenjak dilakukannya pembangunan ini. Lalu pada 30 Januari 2019 resmi telah selesai.

“Dukungan yang dilakukan tidak hanya penyediaan fasilitas dan sanitasi air bersih. Tapi juga pelayanan lainnya seperti pemberian pasokan makanan berupa beras-beras dan lain-lain,” lanjut Ellin. 

Ponpes yang terletak di Kampung Bulakan, Kelurahan Tembong, Kota Serang, Banten ini dengan jumlah santri yang kurang lebih 30 memang masih minim fasilitas. Sebagaimana hasil assesment yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Banten. Namun dengan dibangunnya MCK dan tempat wudhu ini memberikan warna baru pada kehidupan santri di sini.

“Alhamdulilah dengan adanya dukungan dalam pembangunan sanitasi air bersih baik MCK maupun fasilitas wudhu di ponpes kami, sekarang kami tidak harus mengantri dan susah payah menimba air, terutama untuk keperluan sehari-hari dalam kebutuhan air bersih. Hatur nuhun (terima kasih) Dompet Dhuafa dan para donatur yang sudah mau membangun fasilitas ini,” tutur Ust. Fahmi, guru Ponpes Hidayatussibyan.

Ini merupakan salah satu program dari program-program yang dimiliki Dompet Dhuafa Banten. Kesemua ini tercapai berkat bantuan pihak-pihak donatur yang diamanahkan kepada kami untuk menolong sahabat-sahabat yang membutuhkan.

“Harapan kita ingin melakukan kegiatan serupa dengan donatur-donatur lainnya untuk berkontribusi bagi siapa pun yang membutuhkan. Baik dalam kegiatan yang sama maupun berbeda dengan sebelumnya,” tutup Ellin. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini