Beranda Sosial Dompet Dhuafa Kembali Buka Posko Mudik di Pelabuhan Merak

Dompet Dhuafa Kembali Buka Posko Mudik di Pelabuhan Merak

CILEGON —Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Dhuafa bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) kembali membuka posko mudik di Pelabuhan Merak, Banten. Posko ini beroperasi selama sepekan mulai Senin (11/6/2018) kemarin.

“Saat mudik banyak sekali kesulitan, karena padatnya arus lalu lintas, desak-desakan. Tentu kondisi darurat itu harus direspons oleh Dompet Dhuafa,” ujar Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurrahman Usman, Selasa (12/6/2018).

Ia menjelaskan, pelayanan yang bisa dimanfaatkan pemudik di posko tersebut yaitu pelayanan kesehatan, pijat refleksi, takjil berbuka puasa, dan gerai zakat bagi pemudik yang belum sempat menunaikan zakat sebelum mudik.

Dalam memberikan pelayann kesehatan, Dompet Dhuafa menurunkan tim Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) dengan satu orang dokter, satu orang perawat, serta satu orang bidan.

Adapun peran RRI dalam posko ini untuk memberikan informasi seputar arus mudik dan arus balik melalui siaran on air. Pemudik bisa mengetahui jadwal keberangkatan, kapasitas kapal, informasi cuaca, dan informasi lainnya terkait pemberitaan arus mudik di pelabuhan.

Usman menambahkan, posko mudik sengaja dibuat di Merak karena pelabuhan ini menjadi pusat penumpukan kapal dari Jawa menuju Sumatra. Kepadatan di pelabuhan merak meningkat sejak H-3 hingga H-1.

Posko mudik ini sudah menjadi kegiatan rutin Dompet Dhuafa selama delapan tahun ke belakang. Tujuannya untuk memberikan kemudahan bagi pemudik saat pulang ke kampung halaman. Dalam hal ini, Dompet Dhuafa sudah bekerja sama dengan RRI sejak 2006 silam.

Selain di Pelabuhan Penyeberangan Merak, posko mudik Dompet Dhuafa juga hadir di rest area Km 68 Serang dengan layanan yang sama. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini