Beranda Pendidikan Dompet Dhuafa dan Hutchison Bangun Sekolah Islami Bernuansa Alam di Serang

Dompet Dhuafa dan Hutchison Bangun Sekolah Islami Bernuansa Alam di Serang

Foto istimewa

SERANG – Pendidikan merupakan salah satu hal mendasar yang saat ini menjadi permasalahan yang kompleks. Selain keterbatasan biaya, kurangnya kesadaran juga menjadikan sebagian masyarakat enggan untuk mengejar pendidikan yang baik.

Menyadari hal tersebut, Dompet Dhuafa terus berusaha menciptakan peluang pendidikan bagi masyarakat pemilik segala macam keterbatasan. Dompet Dhuafa bersama PT Hutchison 3 Indonesia berinisiasi membangun sebuah sekolah islami pada tingkat dasar di Jalan Tembong Raya, Gowok Kepuh, Sukajaya, Curug, Serang, Banten. Pembangunan diawali dengan peletakan batu pertama oleh perwakilan Dompet Dhuafa Pendidikan, DD Banten, dan PT Hutchison 3 Indonesia, Rabu (21/8/2019).

Mokhlas Pidono selaku Pimpinan cabang Dompet Dhuafa Banten menyebutkan “Sekarang jumlah siswanya ada 45 anak. Itu dari kelas 1, 2, 3. Dan semuanya gratis tidak ada dipungut biaya. Karena memang Sekolah Dasar Islam Kreatif ini adalah sekolah gratis untuk anak-anak yatim dan kurang mampu. Berhubung infrastruktur dan tenaga kami masih terbatas, jadi siswa-siswa di sini kami seleksi. Kuotanya 15 per kelas. Kami ambil yang benar-benar kurang mampu serta yang memiliki kreatifitas baik”,

Sekolah Dasar Islam Kreatif sebenarnya sudah didirikan sejak 2 tahun yang lalu. Penerima manfaat program ini adalah sekolah-sekolah masyarakat marginal. Pada Program ini terdapat empat  sekolah diberikan bantuan donasi berkah ramadhan anatara lain  Smart Ekselensia Indonesia Parung, MI AziAn Palembang, SDN Durajaya 2 Cirebon. Saat ini sekolah dasar tersebut sudah memiliki 3 angkatan yaitu tingkat 1, 2 dan 3 dengan masing-masing tingkatan diisi 10 hingga 20 siswa.

Siswa di sekolah tersebut tidak kalah bersaing dengan siswa-siswa di sekolah sekitar. Benar, saat acara peletakan batu pertama siswa-siswa dihadirkan guna unjuk hafalan surat-surat pendek maupun hadits Nabi, dilantunkannya dengan fasih dan lancar.

Selain mengusung konsep kreatif yang islami, bangunan Sekolah Dasar Islam Kreatif akan dibuat nuansa alami dengan kayu serta bebatuan dengan pepohonan yang asri. Sehingga para siswa nantinya tidak akan merasa jenuh dengan materi-materi di kelas diimbangi dengan pemandangan alami. Selain itu, Sekolah Dasar Islam Kreatif masih dalam kawasan DDFarm, sehingga para siswa akan semakin luas pengetahuan tentang peternakan dan perkebunan.

“PT. Hutchison 3 Indonesia dengan Dompet Dhuafa dalam salah satu misinya memiliki sesamaan yaitu turut membangun dan mencerdaskan generasi bangsa melalui pendidikan yang berkualitas dan terjangkau. Ini juga merupakan lanjutan dari program sebelumnya yaitu ‘Double Berkah’ pada Ramadhan lalu. Mudah-mudahan dengan donasi ini pendidikan bukan lagi menjadi persoalan bagi masyarakat bawah khususnya di Serang. Juga mudah-mudahan kami dapat selalu support program-program Dompet Dhuafa di bidang lainnya”, ujar Alex Syarifuddin, Manajer Consumers Marketing area Jabodetabek.

Berdiri di atas tanah wakaf dengan potensi yang sangat luar biasa, sangat disayangkan saat ini infrastruktur Sekolah Dasar Islam Kreatif masih belum memadai. Dalam proses belajar-mengajar, para siswa dan guru masih menempati bangunan kecil dengan hanya 2 ruang kelas. Kehadiran PT. Hutchison 3 Indonesia dengan bantuannya membangun kelas bernuansa alam sangat disambut baik oleh Dompet Dhuafa.

Harapan Mokhlas sekolah tersebut dapat menjadi seperti ‘Smart Ekselensia’ di Banten pada tingkat sekolah dasar.Keikhlasan dan ketulusan para pengajarlah yang menjadikan para siswa di Sekolah Dasar Islam Kreatif cepat berkembang. Selain itu tak lepas juga dari kontribusi para wakif serta donatur yang banyak memfasilitasi proses belajar mengajar, juga do’a dari berbagai kalangan masyarakat.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini