Beranda Bisnis Dolar AS Tertekan, Rupiah Cenderung Menguat

Dolar AS Tertekan, Rupiah Cenderung Menguat

745
0
Ilustrasi - foto istimewa jpnn.com

 

JAKARTA – Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada memperkirakan, pergerakan rupiah pada perdagangan hari ini akan positif seiring kecenderungan tertekannya nilai tukar dolar AS (USD) secara global.

Sementara secara teknis, pergerakan rupiah pun disinyalir mendekati lower bollinger band yang menandakan masih adanya kesempatan untuk kembali bergerak positif.

“Di sisi lain, kondisi dari dalam negeri juga cukup kondusif terutama setelah Bank Indonesia (BI) kembali menegaskan akan tetap mengarahkan kebijakan moneter untuk lebih pro stabilitas demi menjaga inflasi dan nilai tukar rupiah,” ujarnya di Jakarta, yang dikutip dari Sindonews.com, Senin (7/1/2019).

Terkait dengan itu, menurut Reza, empat instrumen yakni makroprudensial, pedalaman pasar keuangan, sistem pembayaran dan ekonomi dan keuangan syariah akan disetir untuk lebih mendukung pertumbuhan yang akomodatif.

Dengan dukungan sentimen-sentimen positif tersebut, Reza berharap pergerakan rupiah dapat bertahan untuk tidak melemah dan bahkan mengarah positif berkat adanya sejumlah sentimen yang mendukung penguatan.

“Tetapi tetap cermati dan waspadai berbagai sentimen yang dapat kembali membuat rupiah berbalik melemah. Diperkirakan rupiah akan bergerak pada rentang support Rp14.365/USD dan resisten Rp14.332/USD,” pungkasnya. (Red)