Beranda Gaya Hidup Diusia 20-an Tak Perlu Ragu untuk Lakukan Kegiatan Ini 

Diusia 20-an Tak Perlu Ragu untuk Lakukan Kegiatan Ini 

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Memasuki usia 20an kamu akan menyadari banyak sekali yang berbeda. Salah satunya adalah banyak orang yang datang dan pergi. Sehingga, menumbuhkan rasa percaya dengan orang lain itu sesuatu yang sulit. Belum lagi kamu menghadapi tantangan dalam hal pendidikan dan pekerjaan. Kemudian, ada tuntutan secara nggaklangsung kalau wajib mandiri dan bisa mengatur semua urusan.

Bisa dibilang kalau ini fase menuju kedewasaan. Kamu akan merasa bingung kegiatan apa saja yang seru dilakukan bersama-sama atau sendirian. Bukan masalah kalau nggak ada yang menanyakan hal seperti ini. Termasuk sepele, tapi kegiatan kecil bisa membawa dampak yang besar. Kalau nggak diperhatikan, diakhir umur 20an mulai terlihat efeknya.

1. Makan dan beli kopi sendirian

Kalau ada orang yang makan sendirian, muncul anggapan kalau ia kesepian dannggak punya teman. Jangan berburuk sangka dulu, kegiatan seperti ini termasuk relaksasi. Kamu dengan diri sendiri. Kamu bisa duduk di sudut favorit, menikmati makanan yang dipesan, dan jangan pedulikan jika orang lain memandangmu dengan tatapan aneh. Sesekali curi dengar orang lain yang bicara dengan suara keras, mereka menceritakan masalahnya. Jangan diambil serius dan kembali nikmati apa yang ada di sekitar.

2. Di rumah saat akhir pekan

Merencanakan bepergian atau makan di luar saat akhir pekan adalah hal yang biasa dilakukan. Kamu butuh hal yang menyegarkan setelah menghadapi hari-hari penuh dengan pekerjaan. Tapi, saat akhir pekan jalanan jauh lebih padat dari sebelumnya. Kalau begitu, nggak ada salahnya untuk di rumah sambil melakukan kegiatan yang menenangkan. Karena akhir pekan waktu yang tepat untuk diri sendiri. Kamu bisa mendengarkan atau nonton film favorit ditemani minuman hangat dan camilan.

3. Membuat janji

Menyelesaikan segala urusan memang nggaklepas dari janji. Terkadang perlu hadirnya orang lain agar urusan lebih mudah dan cepat selesai. Namun, ini menimbulkan sikap ketergantungan. Ada baiknya kamu urus sendiri mulai dari hal yang paling kecil. Misalnya, janjian dengan dokter gigi atau kecantikan, bertemu teman atau klien, hingga menyelesaikan urusan penting lainnya. Walaupun rasanya kurang menyenangkan, tapi kamu wajib menguasai diri untuk berada dalam situasi itu hingga selesai.

4. Pakai transportasi publik sendirian

Menjalankan pola hidup yang mandiri berarti siap memanfaatkan fasilitas yang ada dan meminimalisir merepotkan orang lain. Salah satunya adalah kemana-mana sendirian. Kalau mengemudi sendiri dirasa terlalu capek karena macet, masih ada banyak alternatif lainnya. Kamu bisa memanfaatkan ojek daring hingga angkutan kota. Berikan sugesti yang positif kalau kamu baik-baik saja dalam perjalanan. Karena, semakin dewasa tingkat mobilitas semakin padat dan kamu harus bisa bepergian sendirian.

5. Memilih pakaian

Menyenangkan jika ada orang yang selalu memberi saran mengenai pakaian apa yang cocok. Apalagi kalau ada teman berbelanja. Tapi, kebiasaan ini bisa memengaruhi rasa percaya dirimu. Kamu akan selalu bergantung. Disisi lain, kamu sebenarnya sudah terlalu bosan mendengarkan saran berpakaian yang kurang sesuai dengan karakter. Padahal, dengan memilih pakaian, mode, hingga riasan kamu akan kenal lebih dekat dengan diri sendiri dan menemukan rasa percaya diri. Ini yang wajib kamu kuasai.

6. Menerima tempat tinggal

Masuk usia 20an kamu akan menghadapi lingkungan yang baru dan wajib untuk bisa beradaptasi. Mengeluh dengan keadaan yang sesuai pasti dilakukan dan ini adalah hal yang wajar. Ada yang masih tinggal dengan orangtua, hidup di kosan atau apartemen, hingga di rumah saudara. Semua situasi memang berbeda, tapi ada baiknya nggak membandingkan enak hidup di mana. Nikmati satu ruangan sebagai tempat tinggal kamu, bertanggung jawab, dan menguasai pekerjaan yang dilakukan sendirian.

7. Menjalin pertemanan

Seperti yang kamu tahu pertemanan cepat sekali berubah di usia yang seperti ini. Ganti lingkungan berarti punya teman yang berbeda. Begitu juga dengan teman-temanmu. Ini adalah hal yang nggak bisa kamu hindarkan. Nggak ada salahnya punya teman baru di lingkungan lain juga. Selain memperluas pertemanan dan relasi, hal seperti ini bisa menjadi bukti kalau temanmu nggak itu-itu saja. Sahabat dan teman dekat memang boleh sedikit, tapi untuk teman nggak ada batasan.

Semakin dewasa, kamu akan butuh kegiatan yang kamu lakukan sendirian. Walaupun itu termasuk kegiatan yang sangat seru dilakukan bersama. (Red)

Sumber : IDN Times