Beranda Peristiwa Ditinggal Pemilik ke Warung, Rumah di Pandeglang Terbakar

Ditinggal Pemilik ke Warung, Rumah di Pandeglang Terbakar

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api. (IST)

PANDEGLANG – Satu unit rumah milik Darja yang berada di Kampung Kaduhajapan, Desa Citalahab, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang rata dengan tanah usai kebakaran yang terjadi pada pukul 06.45 WIB, Selasa (19/9/2023).

Kabid Pemadam Kebakaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBDPK) Kabupaten Pandeglang, Endan Permana mengatakan dugaan sementara musibah kebakaran itu terjadi akibat percikan api dari tungku masak yang berada di dapur korban.

Kata dia, sebelum kejadian pemilik rumah sedang memasak di tungku. Setelah api menyala pemilik rumah pergi ke warung dan melakukan aktivitas di luar rumah.

“Kebakaran diduga disebabkan dari kompor tungku yang sedang memasak air, sementara rumah dalam keadaan kosong ditinggal ke warung dan sedang beraktifitas pagi di luar rumah,” kata Endan.

Bangunan rumah yang seluruhnya terbuat dari kayu membuat api dengan cepat melahap seluruh bangunan dan barang-barang milik korban yang berada di dalam rumah.

Warga setempat yang melakukan pemadaman dengan alat seadanya kesulitan lantaran api sudah terlanjur membesar. Api baru bisa dipadamkan sekitar 1 jam kemudian setelah 2 unit mobil pemadam dikerahkan ke lokasi kejadian.

“Itu rumah panggung (bangunan rumah yang seluruhnya terbuat dari kayu). Di situ juga banyak kayu-kayu sepertinya persiapan untuk membangun rumah. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa tetapi kerugian ditaksir mencapai Rp100 juta,” tutupnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News