Beranda Peristiwa Distanak Kabupaten Serang Monitoring Pemotongan Hewan Kurban

Distanak Kabupaten Serang Monitoring Pemotongan Hewan Kurban

342
0
Pemantauan pemotongan hewan kurban di Pusat Dakwah Muhammadiyah Cabang Pontang. (Foto istimewa)

SERANG – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Serang melakukan monitoring kegiatan pemotongan hewan kurban di Pusat Dakwah Muhammadiyah Cabang Pontang, Kabupaten Serang, Jumat (31/7/2020).

“Kegiatan monitoring ini untuk memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat dan layak potong serta memastikan proses pemotongan dan pengolahan daging hewan kurban sesuai standar kesehatan” ujar drh Rina Firmanillah Usman dari Seksi Kesmavet Pengolahan dan Pemasaran Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Kabupaten Serang

Hasil monitoring di lapangan, Distanak Kabupate Serang menyatakan kondisi hewan dan daging kurban dalam kondisi baik dan layak konsumsi.

“Pelaksanaan pemotongan dan pengolahan kurban di Muhammadiyah Pontang cukup baik. Ini dilihat dari ada pengorganisasian panitia, pengolahan daging dan jeroan dipisah, pengolahan daging di tempat khusus yang beralas dan beratap, kebutuhan air mencukupi dan peralatan dan perlengkapan yang digunakan sudah cukup lengkap” tambahnya

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pontang Abu Bakar menyatakan, jumlah hewan kurban yang terkumpul di panitia kerbau 1 ekor, sapi 9 ekor dan kambing 21 ekor. Daging kurban akan dibagikan ke 1.107 mustahik atau orang yang berhak menerima daging kurban.

“Alhamdulillah di tengah situasi pendemi covid 19 tidak menurunkan semangat jama’ah untuk berkurban,” ujarnya. (ink/red)